Kamis, 23 Maret 2017

Nasi Goreng Pinggir Kali Opak Ala Barongan

Dwipracaya | Hello sobat dwipracaya.com berbicara tentang kuliner, memang pinggiran 'kali (sungai) Opak mempunyai keunikan tersendiri. Percaya tidak percaya bahwa banyak aneka kuliner tersebar di pinggiran kali (sungai) Opak. Entah kebetulan saja atau memang sudah warisan dari turun temurun juga tak tahu kabar faktanya. Namun banyak dijumpai kuliner seperti nasi goreng, bakmi goreng godok, magelangan di area itu.

Pada kesempatan ini saya ingin bercerita tentang kuliner salah satu pinggiran 'kali Opak. Sering mampir di warung  nasi goreng ini, karena sering lewat sini,selain lokasinya sangat mudah di jangkau karena berada di jalan raya Imogiri Barat, Pasar Barongan ke timur lebih kurang 600 meter, lebih tepatnya berada di sebelah barat jembatan/ kreteg Barongan. Warung makan berada di selatan jalan raya. Hanya banngunan rumah biasa, berteras dan ada jendela kayu yang selalu dibuka jika warung buka. Biasa sering ada kendaraan motor di depan warungnya, kalau pas ada kendaraan roda empat biasa parkir di sebelah barat jembatan pasnya itu. Tak ada papan nama yang melekat untuk menunjukkan identitas warung makan ini, untuk itu saya beri saja Warung Nasi Goreng Kulon Jembatan Barongan.

Saya sering juga mampir ke warung ini, pertama karena memang lokasinya mudah ditemukan. Biasa habis pulang kerja ketika pulang memakai jalur Imogiri Barat. Langsung saja mampir ke tempat ini jika pas tak banyak pengunjung, maklum lah kalau pas rame nunggunya sampai antri panjang. Pernah juga dulu pas saya beli hampir nunggu 30 menit belum dilayani, maklum pelanggan warung nasi goreng Jembatan Barongan ini cukup banyak, ada yang dari Yogyakarta bahkan dari luar kota. 


nasi goreng pinggir kali opak ala barongan
Nasi Goreng Pinggir Kali Opak Ala Barongan
Seperti biasanya saya memesan menu nasi goreng, ya menu andalan saya dimanapun berada. Untuk pemesanan kebetulan agak cepat karena pas waktu itu lebih kurang 10 menit dah jadi nasi goreng pedasnya andalan saya.  Terkadang saya pesan nasi goreng biasa tidak pedas, terkadang pesan nasi goreng pedas tergantung selera lidah saya. Kebetulan waktu itu saya pesan nasi goreng pedas dengan tambahan telur ‘ceplok. Ditemani dengan jeruk anget untuk sekedar menghangatkan badan. 

Nasi gorengnya itu porsi cukup tak terlalu anyak. Tekstur nasinya kering dan ‘pero dalam bahasa Jawanya. Tidak ‘ngempel (nasinya kumpul jadi satu) atau lembek, jadi nasinya itu seperti jatuh satu persatu butirannya tak ‘ngempel atau lembek. Karena saya pesan pedas jadi otomatis rasa yang tak rasakan adalah pedas, dengan sesekali waktu dibuat repot karena berapa kali harus ‘menyruput jeruk anget untuk sekedar mengurangi rasa pedasnya. Rasa pedas dari nasi gorengnya bisa  terlihat dari potongan lombok merah yang  banyak diri kecil-kecil ditambahkan ke dalam nasi gorengnya.

Daging ayam yang di campur di nasi goreng cukup banyak juga. Jadi tak usah khawatir diatas permukaan nasi ada daging ayam di bawah nasi juga ada ayamnya. Saya memberikan nilai untuk nasi gorengnya 8 (delapan) mengingat dengan kocek Rp11.000 per porsi dan jeruk anget Rp3.000, ditambah dengan telur ‘ceplok totalnya hanya Rp20.000 namun untuk rasanya enak sekali pas mantab. Lumayan dah yang penting lapar bisa terobati, Alhamdulillah…


nasi goreng pinggir kali opak ala barongan
Suasana warung nasi goreng pnggir kali opak
Kondisi warungnya juga bersih, dan tertata rapi, sang koki adalah seorang ibu-ibu dengan dibantu anaknya untuk membantu melayani pembeli. Sang koki nasi goreng tergolong sudah tua dengan ciri khas penutup kepalanya sudah tua namun masih cekatan dalam memasak, oh ya memasaknya bukan memakai kompor gas namun memakai bara api/ areng. Hal ini  sering dipakai oleh mayoritas warung nasi goreng dan bakmi biar suhu dan panasnya stabil bahasa Jawanya ‘ajeg/ tetap. 

Biasa buka setiap hari mulai jam 17.00 biasa tutup sampai malam lebih kurang jam 24.00, tergantung dari  kondisi pembelinya. Namun rata-rata jam segitu antara jam buka warung dan jam tutup warung, tinggal disesuaikan saja waktu kalau mau mampir ke sini.

Ok sobat kuliner selamat mencoba di Warung Nasi GorengKulon Jembatan Barongan Bantul.

Selamat berburu kuiner dan rasakan maknussnya, dan Anda akan ketagihan...

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html