Senin, 24 Juli 2017

5 Peralatan Wajib dibawa Ketika Mendaki Gunung?

Dwipracaya.com | Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan positif yang akhir-akhir menjadi booming, berita heboh dan kekinian sekali. Mungkin karena efek dari fim 5Cm kali ya? Itu film yang dibintangi idola saya, Raline Shah. Termasuk saya sendiri juga, karena jujur sebelum menonton film itu blas gak kepikiran sama sekali untuk mendaki gunung lah, sekedar camping lah, dan kawan-kawan. So, saya harus berterimakasih wat film 5Cm, tapi bukan untuk adegan yang mandi di Ranu Kumbolo yak?

Pendaki masa kini udah sangat berbeda sekali, beda banget. Seiring berkembangnya jaman, semakin rempong, mau mendaki yang diperlukan bukan yang pook-pokok eh maah yang gak penting, diprioritaskan. Tapi gak papa deh, pan namnaya juga happy-happy untuk senang-senang aja. Neh, ada tips sederhana kumpulan dari dwipracaya.com bagi yang ingin mendaki tapi tetap kece dan keren. Bisa dicoba neh...

1. Outfit (setelan baju dan celana bawah)

 

setelan outfitt keren
Contoh outfitt keren via detik travel
Pastikan outfit kamu, setelan baju dan celana kamu sesuai aja. Usahakan warna yang alami atau malah cerah, Jangan lupa itu warna di sesuaikan. Masak atasan warna hijau muda, eh bawahan warna merah uda, Pan gak cocok lah. Coba pakai dan kombinasikan outfit yang warna cerah seperti merah, orange, biru tua. Karena nanti ketika ada pemandangan di sana akan lebih bagus lagi ketika diambil gambar. Kontrasnya dapat banget, sempurna deh. Usahakan jangan memakai outfit warna putih, karena jelas akan terlihat kotornya, itu tuh dakinya keliatan.

Untuk celana usahakan jangan memakai stelan jeans, karena selain panas, ketika nanti ada suhu dingin berat kalau basah, sama kulit akan terasa lebih panas. Bisa pakai celana trainning panjang, atau celana cargo. Biar ringan dan ketika basah cepat keringnya.

2. Tas ransel gunung (Carrier)

tas ransel naik gunung
Contoh tas ransel via alpha adventure
Fashion benar-benar merambah dunia pendakian dengan sangat sempurna, ini terlihat dari banyaknya model, design, tekhnologi dan warna tas carrier yang ada di pasaran. Tas ini didesain unik untuk disesuaikan dengan para pendaki serta memiliki berbagai macam kelebihan antara lain menghindari bungkuk dan menjadikan beban terasa lebih ringan. Dalam memilih branded pun hati-hati, tas ini ternyata mempunyai harga yang selangit, khususnya merk luar.  Carilah warna tas yang disukai, dan digemari, mengapa demikian?  

Ya, karena simpel aja kalau warna carrier kalian itu suka, mau dibilang jelek lah, mau dibilang kusam lah gak peduli, tah kalian santai aja. Wong itu warna kesukaan, #cool

3. Jaket 

Contoh jaket anti air via fashionpriaindo.blogspot.co.id
Segala jenis jaket yang ada dan diperuntukkan khusus buat manjat gunung kini juga semakin fashionable, tipis, tapi tetap hangat. Warna juga mulai beragam gak melulu item dan coklat. Paling the bestnya ya udah makin banyak jaket gunung yang waterproof dan windproof juga! Jadinya gak perlu beli dan bawa-bawa raincoat lagi! Sekedar tips kalau mamu membeli jacket usahakan yang agak lebih besar dari ukuran badan, misalnya biasanya beli ukuran M,

Coba ditambahkan cari ukuran yang L, hal ini untuk mensiasati saja jika kalian itu usianya masih tumbuh dan bisa berkembang, so kalau misalnya masih berkembang pan bsa ngirit gak perlu beli jaket baru lagi, wahahaha. Bener kan sob?

Cari yang merk lokal, gak perlu sok gay, sok kaya. Haha, pan anti di gunung mau mendaki, bukan mau fashion show, #LOL

4. Sepatu atau Sandal Gunung 

 
Contoh sandal via aliexpress.com

Penampilan yang modis stylish akan kurang tanpa alas kaki. Nah, maka dari itu, pilihlah alas kaki yang tepat yang khusus diperuntukkan untuk kegiatan pendakian. Untuk ukuran sandal dan sepatu, saya memang menyarankan yang pas sesuai ukuran kaki masing-masing, mengingat jika mendaki akan banyak melewati medan terjal, kadang naik, kadang menuruni jalan, kadang terantuk batu dan pohon semak belukar. Kebayang bukan kalau sandal atau sepatu kedodoran, wah bisa jatuh kalau tak hati-hati, kalau kekecilan wadah lebih parah lagi ini, pasti ketika sepatu atau sandal dilepas akan lecet semua.

Kombinasikan dengan kaos kaki untuk meminimalisir lecet pada tumit, atau kalau gak ya coba diplester pakai hansapla** saja, di bagian tumit, fungsinya adalah menurangi gesekan antra sandal/ atau sepatu dengan bagian tumit.


5. Aksesoris 

contoh penutup kepala keren
Contoh penutup kepala via fashionpriaindo.blogspot.co.id
Aksesoris disini maksudnya adalah barang yang penting gak penting tapi biasanya jadi bawaan kita juga selama mendaki. Dan sedikit banyak menambah level kekecean kita kalau memakai barang-barang ini pada timing yang pas. Apa aja sih barang-barang itu? Bisa pakai slayer atau buff, ini bukan masalah gaya tetapi bisa untuk melindungi dari debu yang masuk mulut. Karena ketika mendaki bisa saja debu-debu itu bertebangan di angkasa, tiba-tiba saja langsug mendarat ke mulut. Kalian ikhlas jika mau dimasukin debu?

Untuk mengurangi hawa dingin bisa memakai penutup kepala, isa kupluk misalanya.Hal ini memang sangat bisa untuk mengurangi hawa dingin di daerah ketinggian.Sesuaikan saja dengan selera dan model yang di suka.

Oke, sobat dwipracaya.com sementara tipsnya cukup itu aja dulu, coba dibaca dulu siapa tahu bermanfaat. Selamat bereksplorasi dan selamat merawat dan menjaga alam, kalau mendaki jangan buang sampah semabrangan yak, bawa ransel 75 liter aja sanggup, masak bawa pulang sampah gak bisa, malu lah!

Jangan mengotori alam,yang sudah kotor karena ulah manusia :)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html