Minggu, 30 Juli 2017

Karbakar: Rasa Ala Cafe, Harga Rasa Angkringan!

Dwipracaya.com | Siang itu, di tengah hiruk pikuk kota pelajar, kota budaya siapa lagi kalau bukan kota Jogjakarta. Kaki ini melangkah ke sebuah tempat, lebih tepatnya sebuah kuliner. Kuliner yang unik dan patut untuk dicoba, jika memang Anda mengaku sebagai kuliner.

resto karbakar jogja
Karbakar via @karbakar_id
resto karbakar jogja
Nasi goreng plus telor ceplok

Tempat kuliner ini adalah Karbakar, yang beralamatkan di Jl. HOS. Cokroaminoto No. 87 Yogyakarta. Kalau dari perempatan Wirobrajan Jogjakarta masih ke utara lebih kurang 1 km. SMA Negeri Teladan Yogyakarta masih ke utara, kalau dari Klithikan masih ke utara. Sebelah barat jalan ada baliho besar bertuliskan Karbakar.

Pada kesempatan siang itu, saya mengobrol santai dengan Manager Karbakar, sebut saja namanya Pak Wakhid. Orangnya supel, humble dan asyik jika di ajak ngobrol. Setelah memarkir sepeda motor di depan, segera saya memesan tempat duduk yang dirasa nyaman. Tempat duduk favorit saya biasa tengah, sambil menghadap di depan meja kerjanya. Sambil mengamati para karyawan sedang bekerja, sesekali melihat ke jalan raya melihat para pemakai jalan hilir mudik melintasi jalan tersebut. Sangat ramai!

Pak Wakhid bercerita bahwa Karbakar itu mulai beroperasi sekitar bulan Desember tahun 2016. Sekilas nama Karbakar itu sangat unik dan terkesan ‘nyeleneh, karena biasa kalau makanan dalam nuansa bakar-bakar misal namanya Pondok Bebakaran, Bebakaran, lha kok ini namanya Karbakar. Kok bisa unik ya?

Sengaja memilih nama Karbakar agar mudah diingat oleh para konsumen, lebih unik dan lebih nyentrik. Sehingga ketika calon pembeli ingin mencari tempat Karbakar tak menemukan kesulitan, secara lidah orang Jogja juga fasih dalam mengucapkannya bukan? Gak percaya? 
Coba aja bilang Karbakar sekarang juga, hahaha. Sekilas juga mirip logat Madura juga, Te sate….., Kar Bakar…. Mirip juga kan. Sambil bercerita pak Wakhid, dengan penuh semangat.

Karbakar buka dari jam 10.00 - 22.00 wib, buka setiap hari, karena menggunakan sistem shift jadi bisa buka setiap hari.

Apa segmen dari Karbakar?

Segmen dari Karbakar adalah mahasiswa, anak sekolah, dan masyarakat pada umumnya. Sengaja membidik segmen anak sekolah dan mahasiswa mengingat lokasi Karbakar berada di area sekolahan yakni sekolah SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, SMP Tumbuh, dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jadi otomatis sangat cocok jika target yang dibidik adalah kaum anak muda yang pengin merasakan sensasi berbeda dalam menikmati olahan khas bebakaran dengan tempat yang unik dan elegant.

Ada apa saja menu dari di Karbakar?

Secara umum menunya sangat bervariasi ada Nila Bakar, Bebek Bakar, Burung Dara Bakar, Sosis Bakar, Roti Bakar, dan aneka menu lainnya. Untuk sambalnya juga lengkap, ada sambal Karbakar, Sambal Mentah, Sambal Bawang, Sambal Terasi dan Sambal Tomat. Untuk 'hot plate juga ada, Toping tersedia dengan varian Keju dan Sosis.

resto karbakar jogja
Ayam bakar via @karbakar_id

Nah untuk urusan minuman ada Milkshake Vanilla, Milkshake Coklat, Milkshake Strawberry, Capucino Cincau dan lainnya. Untuk menu makanan dan minuman sangat bervariatif, ada yang paling murah di kisaran Rp15.000 sampai dengan Rp16.000 sudah bisa menyantap makanan plus air minum. So, jangan khawatir jika budget kalian pas, ingin makan olahan seba bebakaran tak ada salahnya mampir ke sini.

resto karbakar jogja
Blue Ocean via @karbakar_id

Apa yang menjadi hal unik di Karbakar?

Yang menjadikan Karbakar itu berbeda dan unik adalah, menunya adalah memadukan konsep kolaborasi menu western food dengan traditional food. Jadi ada kombinasi menu dari makanan tradisional seperti nasi goreng, tapi juga dikombinasikan dengan makanan western food seperti ada menu ‘Skewer menu yang berisikan daging sapi dan ayam yang ditusuk mirip penyajian sate, dan dikombinasikan dengan sayuran jadi ala-ala makanan cafe gitu. #cool

Fasilitas yang ada di Karbakar?

Tersedia 2 (dua) lantai yang siap menerima pembeli, tempatnya bersih dan parkir jelas gratis. Nah ini menarik karena salah satu trik untuk menggaet anak mahasiswa dan sekolah tadi. Ada layar monitor LCD yang terpasang atas, di tembok, untuk menghibur pembeli. Sambil menunggu pesanan bisa sambil melihat televisi, juga akan mendengar playlist musik yang memanjakan telinga para pendengarnya. Tersedia tempat duduk dan ada juga yang lesehan, pembeli tinggal memilih, mana yang lebih suka. Simple kan?
resto karbakar jogja
Bersih dan nyaman
resto karbakar jogja
Suasana kekinian banget
resto karbakar jogja
Karbakar Jogja
resto karbakar jogja
Karyawan yang ramah

Ada juga menu menu kopi jika dibutuhkan, rupanya Pak Wakhid ini mempunyai keahlian sebagai barista. Bisa menyajikan kopi dengan citarasa yag berbeda. Karena beliau memilik ilmu dan keahlian di bidang itu, wah wah…keren juga neh, udah jadi manager plus juga bisa menyajikan kopi dengan skill barista. #topdah. Untuk varian kopi ada kopi Tubruk, French Press, Espresso, Americano, Latte, dan Mochacino. Eittt, tenang harga mulai Rp7000 loh?. Yang suka kopi segera merapat!

Apa harapan dari Karbakar?

Harapannya adalah menjadi pionner, atau pelopor dari makanan yang menyajikan konsep perpaduan , menu western food dan tradisional food. Semoga masyarakat bisa menerima pesan ini sehingga bisa mencoba menu dari Karbakar dengan harga kompetitif dan bisa menilai sendiri bagaimana rasa yang telah ditawarkan Karbakar.

resto karbakar jogja
Menu Karbakar Jogja

Untuk media sosial Karbakar ada di Instagram @karbakar_id, Facebook karbakar.id, so sebeum membeli coba deh browsing dulu dan cek menu yang ada, agar tak bingung dalam memesan, mengingat menu Karbakar super lengkap loh. Melayani juga delivery order baik secara langsung atau melalui driver Gojek, jadi ketika lapar melanda pengen makan menu Karbakar tinggal pesan aja via driver Gojek. Hubungi 0812-1414-8064 untuk Pemesanan Order.

Pada kesempatan itu saya mencoba menu dari nasi goreng bakar. Seperti biasanya menu andalan saya. Dimana itu, saya selalu mencoba menu nasi goreng. Nasi gorengnya ukuran porsi sedang, tak terlalu banyak juga tak terlalu sedikit. Daging yang ada dalam nasi goreng banyak, terlihat jelas ketika ada di dalam nasi juga di luar nasi. Rasa nasi goreng masih terasa asin, dan nasi gorengnya empuk dan matang dengan sempurna. Struktur bumbu, sayuran dan telur juga pas banget. Telur ceploknya gurih dan matang dengan sempurna. Rasanya cukup enak, dan gak kalah dengan menu di cafe-cafe Jogjakarta. Karena saya memesan rasa pedas, jelas terlihat beberapa potongan cabe warna orange, sedang bercampur dengan paduan warna nasi coklat karena kena kecap. Ehm,,,,maknusssssss brohh!


resto karbakar jogja
Nasi goreng telur ceplok
Nah, untuk minumannya juga berbeda, Karbakar menggunakan gula cair. Jadi singkat cerita jika ingin meminum minuman di sini, pertama kalai adalah jangan lupa untuk mengaduknya. Karena menggunakan gula cair, otomatis selama gula belum diaduk jelas tak merasakan manis. Inilah juga yang membuat unik Karbakar, sengaja menggunakan gula cair agar rasa minuman lebih terasa manis.

Dipenghujung ngobrol santai itu, terlihat para pekerja sedang asyik mempersiapkan pelayanan untuk pembeli, ada yang sibuk menyiapkan kardus, ada yang sibuk menghitung administrasi di meja kasir, ada juga yang sibuk menerima telepon dari pembeli. Pelayanan yang ramah adalah salah satu trik dari Karbakar untuk memberikan pelayanan bagus kepada konsumen.

Semoga Karbakar sukses dan menjadi Pioner dalam dunia kuliner di Jogja, sukses terus untuk Karbakar dan bravo kuliner Jogja!

karbakar jogja
Pak Wakhid


Ayo temukan resto Karbakar di aplikasi Googlemaps di bawah ini.





2 komentar:

  1. Pengen coba nasi gorengnya, saya paling suka nih nasi goreng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, wah sama broe sama juga penggemar nasi goreng :) coba aja agendakan ke sini

      Hapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html