Minggu, 10 Desember 2017

Desa Wisata Jamu Kiringan Menerima Tamu dari Temanggung

Dwipracaya.com | Pagi ini Ahad, 10 Desember 2017 sekitar pukul 11.00 WIB cuaca sangat cerah dan mentari menampakkan kegagahannya di siang hari. Awan putih menari-nari di angkasa seakan memberikan salam hangat penuh kasih sayang bagi seluruh makhluk di bumi pertiwi. Cuaca sangat bersahabat sekali, gumamku dalam hati. Maka tak heran jika pagi ini saya menyebutnya ‘Week end yang cerah, yak secerah hatiku.”
Desa Wisata Jamu Kiringan 6
Kunir Asem

Desa Wisata Jamu Kiringan 1
Pengurus Seruni Putih Desa Wisata Jamu Kiringan
Desa Wisata Jamu Kiringan 2
Ibu PKK Pager Gunung Bulu Temanggung
Bertempat di Children Center Kiringan atau yang sering disebut CC Kiringan sedang ramai dikunjungi tamu Ibu Ibu PKK Pager Gunung Bulu Temanggung Jawa Tengah. Lebih kurang 50 orang dengan menggunakan armada sebuah bus, ibu-ibu menggunakan baju seragam batik merah merona sedang meakukan Study Tour di Desa Wisata Jamu Kiringan.

Disambut oleh Dukuh Kiringan Dra. Sudiyatmi yang memberikan gambaran tentang profil pengrajin jamu tradisional, ditambahkan penjelasan tentang profil koperasi Seruni Putih, organisasi induk dari para pengrajin jamu tradisional di Kiringan, Canden, Jetis, Bantul. Menjelaskan tentang latar belakang mengapa ibu-ibu ini dengan gigih membantu roda perekonomian keluarga, membantu suami untuk menambah penghasilan. Juga tak lupa memberikan informasi mengenai apa saja yang bisa dipelajari dan didapatkan jika berkunjung ke Desa Wisata Jamu Kiringan.

Diterima baik oleh Pak Lurah Pager Gunung Bulu Temanggung, bahkan kegiatan ini memang salah satunya adalah untuk menambah mata pencaharian di daerah Temanggung. Mengingat hanya mengandalkan penghasilan dari tembakau saja. Kalau harga tembakau pas bagus ya bagus untuk para petani, la kalau apesnya pas harganya jatuh, sungguh pahit jan benar benar pahit. Prihatin!

Lagipula juga di daerah Pager Gunung memang sedikit kesulitan dalam hal sumber daya air. Mengingat posisi kawasan yang berada di atas gunung, jadi ada semacam ide bagaimana dengan kondisi yang seperti itu Ibu-Ibu PKK Pager Gunung bisa berkreasi dan mempunyai kegiatan untuk menambah penghasilan. Tentunya akan sangat menarik, nah berawal dari ide inilah mereka bisa datang berkunjung ke Desa Wisata Jamu Kiringan.

Desa Wisata Jamu Kiringan 3
Bahan baku plastik yang sudah disetrika

Desa Wisata Jamu Kiringan 4
Ibu Agustina penuh semangat sedang memberikan materi

Desa Wisata Jamu Kiringan 5
Para Ibu PKK sedang praktek langsung

Untuk kali ini di jelaskan materi tentang Pemanfaatan Sampah An Organik oleh ibu Agustina Sunyi. Beliau adalah salah satu generator penggerak program pemanfaatan sampah an organik di daerah Kecamatan Jetis. Dari tangan beliau sampah pastik, bungkus pastik, disulapnya menjadi sebuah hasta karya yang bisa bernilai lebih, tentunya setelah di poles oleh tangan-tangan yang kreatif. Menariknya beliau juga ikut memberdayakan warga masyarakat di dusunnya di Dusun Bulus Wetan. Beliau sangat luar biasa dalam membantu mengentaskan kemiskinan dengan memberikan ilmu dan pemberdayaan warga masyarakat di sekitar. Produk dari kreasinya pun tak hanya mampu menembus skala nasional bahkan sudah tembus skala internasional. Waw amazing!

Untuk yang sesi berikutnya adalah tentang cara membuat Jamu Kunir Asem. Ibu-ibu pengurus dari Seruni Putih dengan semangat memberikan penjelasan langkah-langkah dalam membuat kunir asem. Singkat, padat dan bisa diterima oleh peserta. Suasana santai ramah dan pada kesempatan ini peserta bisa merasakan langsung minum Jamu Kunir Asem menggunakan ‘bathok. Sebuah tempat untuk minum yang terbuat dari tempurung keapa. Kalau biasanya minum itu menggunakan gelas, kali ini peserta mendapatkan kesempatan unik yakni minum jamu menggunakan ‘bathok tersebut.


Desa Wisata Jamu Kiringan 7
Keripik Kenikir

Desa Wisata Jamu Kiringan 8
Wedang Uwuh

Desa Wisata Jamu Kiringan 9
Jamu Instan Temulawak

Waktu sudah siang, sekitar pukul 13.00 WIB, acara demi acara sudah terlaksana dengan baik. Karena memang waktu yang sempat terkendala diawal karena peserta datang lebih terlambat dari jadwal yang direncanakan. Selebihnya juga karena peserta masih ada kegiatan selanjutnya yakni ke Pantai Parangtritis. Para peserta ibu PKK Pager Gunung Bulu Temanggung mengucapkan banyak terimakasih, dan semoga ilmu yang disampaikan dari Desa Wisata Jamu Kiringan bisa diterapkan di Temanggung.

Desa Wisata Jamu Kiringan 10
Peserta ibu PKK antusias menikmati jamu kunir asem

Aamiin semua orang di CC Kiringan kompak menyambut doa mulia tersebut. Semoga kelak ada berita bahwa ada pengrajin jamu tradisional dari Desa Pager Gunung Temanggung mampu go internasional. Haha… mantab kan sob?

Ayo temukan Desa Wisata Jamu Kiringan di aplikasi Googlemaps di bawah ini! Silakan di cek yak :)



9 komentar:

  1. Terimakasih informasi nya mas. Eh, btw. Apa yang membuat spesial jamu dari kiringan dengan jamu-jamu lain di wilayah Jogja mas? Adakah bahan khusus atau proses pembuatan yang berbeda?

    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu diantaranya adalah jamu nya masih fresh, karena masih diracik tanpa menggunakan bahan pemanis buatan. Yang membuat lebih unik adalah pengunjung langsung minum jamu itu dari racikan langsung dari penjual, dan minum langsung menggunakan 'bathok (dari tempurung kelapa)

      Hapus
    2. Trims penjelasannya mas.. sukses selalu buat desa Kiringan.

      Hapus

  2. Terimakasih

    Infonya sangat bermanfaat, klu mau pesan jamunya dimana ya Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, untuk pemesanan bisa lewat jalur 0856 2921 871 insyaallah kami bantu :)

      Hapus
  3. Menarik ceritanya. Salut bagi ibu2 yg tekun kerja buat keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir di blog ini, ya semoga bisa menularkan virus semangat dan kreatif untuk semua pembaca yang mampir @jadi :)

      Hapus
  4. Terima kasih atas informasinya. Kami tunggu kunjungan baliknya di website kami di www.shintadrumband.com

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html