Senin, 09 April 2018

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja

Dwipracaya.com | Betapa senangnya menjadi seorang travel blogger, atau seorang pelancong wisata. Kerjanya hanya berjalan-jalan ke destinasi wisata di seluruh belahan dunia. Tak perlu takut akan jadwal rutinitas kerj tak perlu takut akan omelan dari atasan ketika pekerjaan belum selesai. Ya, memang menjadi traveling blogger adalah sebuah impian bagi saya pribadi, dimana saya bisa menjejakkan kedua kaki ini untuk membuka mata, merasakan tanah asli negeri tercinta, surga para pelancong dunia, siapa lagi kalau bukan di Negara Indonesia.

Indonesia kembali meraih penghargaan di bidang inovasi wisata internasional dari United Nation World Tourism Organization ( UNWTO/ Organisasi Pariwisata Dunia PBB) di Madrid, Spanyol, Rabu (17/01/2018). Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut dalam helatan UNWTO Awards for Innovation in Tourism ke-14. Sebanyak 55 negara di dunia mengirimkan 128 inovasinya dalam bidang pariwisata untuk diadu dalam 4 (empat) kategori. (Travel.kompas.com)

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via ID Corners
Jadi kita patut berbangga jika negara Indonesia dalam kiprah perhelatan wisata di tingkat internasional tetap mempunyai nyali, itu buktinya. Indonesia berhasil menyabet penghargaan dalam skala internasional, mampu mengalahkan negara-negara hebat di seluruh dunia. Applause dong :)

Indonesia itu komplit, ada pemandangan alam, ada kawasan pedestrian dan perbelanjaan, serta juga ada suasana pantai yang mendamaikan. Ketika semua itu mewakili Indonesia, saya ingin menceritakan tentang sebuah kota kecil di area wilayah Jawa Tengah, sebelah barat Kota Solo, selatan Gunung Merapi, sebuah kota dengan beraneka julukan, dan sebuah kota kecil yang mampu memikat setiap orang yang pernah mampir ke kota ini. Yak, kota kecil itu adalah Kota Jogja.

Yuk, Main ke sini ke Jogja?

Ada benarnya jika ada ungkapan Jogja itu terbuat dari Rindu, Pulang dan Angkringan. Sering kali telinga ini mendengar kalimat nan simpel namun sangat mengesankan. Apa iya tah, Jogja itu sedemikian romantisnya, kok bisa terbuat dari Rindu, bukankah Rindu itu berat? Sampai-sampai hanya Dilan yang sanggup menahan Rindu itu?
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Eksotisjogja.com

Jogja adalah sebuah kota kecil yang memiliki banyak nama, ada yang menyebutnya dengan Yogya, Yogyakarta, Jogja, Jogjakarta namun maksudnya objeknya tetap satu, hanya mengacu kepada satu tempat. Memiliki banyak julukan entah itu sebagai Kota Pendidikan, sebagai Kota Toleransi, sebagai Kota Gudeg, juga sebagai Kota Budaya dan Kota Pelajar, dan nama lainnya. Tentunya kota ini juga istimewa karena bantuan dan saksi sejarah lahirnya bangsa Indonesia, hadirnya keraton Jogja sampai saat ini juga ikut membuat kota Jogja semakin istimewa dimata rakyatnya dan istimewa di mata Indonesia.

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Travelingyuk.com
Kalau menurut saya, sebagai warga asli Bantul yang merupakan salah satu Kabupaten dari Propinsi D.I Yogyakarta sudah sering lalu lalang hidup mencari rejeki dan berpetualang, menemukan sahabat di kota ini. Waktu saya seakan tak habis untuk menjelajah kota Jogja ini, gak akan pernah habis untuk menelusuri kota Berhati Nyaman ini.

Jogja itu Kota Romantika?

Jogja adalah sebuah kota yang ketika menyebutnya ada getaran dalam dada ini, berdenyut perlahan dengan irama yang pelan, “dug dug dug,” seperti itulah bunyinya. Getaran ini seakan tumbuh secara alami semakin dalam dan semakin mengakar sampai ke dalam lubuk hati yang paling dalam. Jogja itu menyuguhkan drama romantika dan kenangan yang gak akan terlupa dalam perjalanan hidupku. Mulai kehidupan mencari ilmu, kehidupan menemukan sahabat sejati, serta menemukan calon belahan hati yang pergi nun jauh disana, eit curhat neh :)
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via bestrentcar.blogspot.co.id
Saya setuju sekali kalau Kla Project menuliskan keindahan kota Jogja dalam bait sederhana yang mampu mendeskripsikan dengan cantiknya.
***

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja


Ada apa saja di Jogja?

Sobat dwipracaya.com ingin mengajak kalian para travel blogger untuk mampir dan berkenalan dengan kota Jogja, bukankan ada istilah tak kenal maka tak sayang, so jika kamu belum kenal Jogja mana mungkin ada ungkapan sayang itu mustahil boss. Nah, agar rasa sayang itu bisa tumbuh ya, harus mengenal objek mana saja yang bisa mengobati rindu kota ini. Check this out!

Bahkan diantara destinasi di bawah ini juga masuk kategori Anugerah Pesona Indonesia (API) di tahun 2017, dan diantara tempat itu alhamdulillah keluar sebagai juaranya, keren kan? Yuk kepoin, destinasi wisata di kota Jogja, selamat menikmati broe :)

Kebun Buah Mangunan

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via eksotisjogja.com

Kebun Buah Mangunan adalah kawasan wisata di Desa Dlingo Kabupaten Bantul yang memiliki pemandangan wisata alami nan mempesona. Ada banyak spot wisata memanjakan mata pengunjung. Anda akan terpesona dengan hasil kreatif spot instagramable yang tercipta oleh tangan kreatif masyarakat dengan berharmonisasi dengan keindahan alam khas pedesaan Dlingo. Untuk lokasi segera buka aplikasi Google maps’ ketikkan ‘Desa Wisata Mangunan, nanti akan dibantu anda untuk perjalanan ke sana.

Salah satu spot yang ciamik adalah ketika anda bisa melihat gumpalan awan di atas bukit, laksana samudera awan putih, orang sering menyebutnya samudera di atas awan. Pemandangan langka dimana awan berderet berbaris rapi, tertiup angin bergerak bergumul-gumul saling kejar diterpa cahaya mentari dalam nuansa pagi. Cahaya kuningnya memantul perlahan menembus awan putih tersebut, so beautiful.

Taman Tebing Breksi

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Explorejambi.com
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Jogjacar.com

Pemenang Tujuan Wisata Terpopuler API 2017 ini berada di kawasan Sambirejo, Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta. Merupakan bekas tambang yang disulap masyarakat menjadi tempat wisata yang ciamik. Memanfaatkan lingkungan bekas tambang yang dulunya terbengkalai tak terawat ternyata bisa menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan bila dikelola dengan baik. Tak jauh dari Taman Tebing Breksi ini ada juga kawasan wisata Candi Ijo dan Puncak Bucu Piyungan.

Meski awalnya sempat dilarang oleh pemerintah akibat aktivitas penambang batu kapur sebagai penyambung hidup, namun warga masyarakat sekitar tak berputus asa, sehingga dipoleslah Taman Tebing Breksi ini dengan sebuah makaharya luar biasa, ada pahatan tokoh wayang besar dalam tebing ini. Sehingga tak heran jika wisata ini menjadi Juara Kategori Tujuan Wisata Terpopuler API 2017.

Pasar Tradisional Beringharjo

Sebagai pasar tradisional tertua di Jogjakarta, kehadiran Pasar Beringharjo sudah tidak diragukan lagi. Segala aktifitas transaksi kebutuhan pokok ada di pasar ini. Sekitar tahun 1765, dulunya area ini adalah sebuah lahan kosong berupa tegalan, kala itu belum ada bangunan permanen, namun setelah tahun 1876 mulai dibangun bangunan permanen di area ini. Berupa los yang memanjang ke arah Alun-Alun Utara. Terletak di ujung selatan sisi timur Jalan Malioboro-Jalan A Yani. Ketika Anda menyusuri Jalan Malioboro ke arah selatan, maka Pasar Beringharjo berada di sisi sebelah kiri.

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Explorejambi.com
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via KRJogja.com

Dalam pasar ini anda akan melihat transaksi secara tradisional, ada simbok-simbok menjual dagangan dari kain batik, senter (penerang jaman dahuu) dan jika mau berburu jajanan khas pasar seperti cemplon, cethil dan gatot masih bisa dijumpai di Pasar Beringharjo ini. Tak heran akan eksistensinya ini Pasar Tradisional Beringharjo menyabet Juara Kategori Objek Wisata Terpopouler API 2017.

Kawasan Pedestrian Malioboro

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Hipwee.com
Jika Anda pernah ke Jogja tentu sudah tidak asing dengan tempat Malioboro, sebuah kawasan perbelanjaan di jantung kota Jogja. Tak ada kata sepi dan tidur untuk kawasan perbeanjaan ini, mulai dari pagi hingga pagi lagi. Akan dijumpai orang-orang berjalan atau lalu lalang melewati pinggiran jalan, ada angkringan khas jogja terletak dipinggir jalan, tak lupa ada alunan musik angklung siap menghibur pelancong tentunya dengan lagu-lagu yang menyihir sadis mengingat akan momen romantis ketika berkunjung ke tempat ini.

Cobalah datang dan kunjungi area Malioboro pada malam hari, anda akan lihat cantiknya gemerlap lampu hias kota memanjakan mata bagi yang melewatinya. Suasana tentram damai dan nyaman pasti akan menyapa relung hati kalian yang paling dalam, gak percaya, coba aja ke sini? Jangan lupa ketika berjalan melalui Jalan Malioboro ke selatan melewat penghujung jalan yakni kawasan Nol Kilometer, pusat jantungnya kota Jogja, ada bangunan bersejarah yakni Kantor Pos Indonesia dan Gedung Bank BNI 46 akan membawa kalian hanyut dalam nostagia. Tak lupa juga ada Monumen Serangan Oemoem 1 Maret berhadapan dengan bangunan kantor pos.

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Liburmulu.com


Tugu Pal Putih Landmark Kota Jogja

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Kabarwisata.com
Adalah sebuah bangunan atau monumen yang sering disebut sebagai lambang kota Jogja. Menjadi landmark bagi kota budaya ini. Berupa bangunan tugu tepat di tengah perimpangan jalan raya Jendral Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini. Tugu ini sekarang merupakan salah satu objek pariwisata Yogya, dan sering dikenal dengan istilah “tugu pal putih” (pal juga berarti tugu), karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah warna putih. Tugu pal ini berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Dari kraton Yogyakarta kalau kita melihat ke arah utara, maka kita akan menemukan bahwa Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, tugu ini, dan Jalan A.M. Sangadji akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak Gunung Merapi.

Nah keren banget kan destinasi wisata kota Jogja, itu belum semua loh. Kalu semua saya tulis di blog ini gak akan muat, percaya deh?



Nah tentunya hal selanjutnya ketika menjadi travelling blogger setelah mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi, langkah selanjutnya adalah tentang Tiket Pesawat, Perhotelan, dan Transportasi. Gak mungkin kan, sudah tahu tempat yang dituju, eh gak memikirkan ketiga poin penting di atas. Eit, sekarang untuk menjawab kegalauan itu gak perlu bingun sekarang sudah ada aplikasi keren Skyscanner.

Apa itu Skyscanner?




Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Via Skyscanner.co.id

Skyscanner adalah situs pencarian perjalanan global terkemuka, tempat di mana orang terinspirasi untuk merencanakan dan memesan langsung dari jutaan opsi perjalanan dengan harga terbaik dan efektif.

Skyscanner memberikan kepercayaan, bahwa 60 juta orang di seluruh belahan dunia sudah menggunakan jasa kami setiap bulan serta dapat mempercayai rangkaian pilihan penerbangan, baik hotel, serta penyewaan mobil kami yang komprehensif.

Rahasia Skyscanner adalah teknologi eksklusif yang kami miliki yang unik yang menghubungkan orang langsung dengan semua yang ditawarkan oleh industri perjalanan traveling. Kami juga memberikan solusi perjalanan orang di seluruh dunia dengan cakupan daya lebih dari 1.200 mitra melalui produk Skyscanner for Business kami.

Perusahaan Skyscanner adalah bisnis dengan pertumbuhan tinggi dengan tujuan sederhana yakni untuk menginspirasi para pelancong di seluruh dunia dan membuat pencarian perjalanan semudah mungkin melalui teknologi kelas dunia kami. Luar biasa bukan?

Aplikasi seluler gratis kami yang sangat dinilai telah diunduh lebih dari 70 juta kali. Kami global tetapi lokal dan produk kami tersedia dalam lebih dari 30 bahasa dan 70 mata uang.

Didirikan pada tahun 2003, kami mempekerjakan lebih dari 900 staf, dengan kantor di Barcelona,Beijing, Budapest, Edinburgh, Glasgow, London, Miami, Shenzhen, Singapura, dan Sofia. Skyscanner adalah bagian dari grup Ctrip.

Aplikasi Skyscanner bisa di download secara gratis di Playstore via Android di smartphone para wisatawan dan kami tidak pernah membebankan komisi perjalanannya. Kami bekerja sama dengan maskapai besar dunia dan mitra agen perjalanan traveling kami dengan beberapa cara, seperti apakah itu?
  1. Beberapa mitra setuju untuk memberikan Skyscanner komisi untuk setiap pemesanan yang dilakukan melalui kami atau untuk setiap kali wisatawan mengunjungi situs web mitra. 
  2. Mitra lain beriklan di situs web dan aplikasi Skyscanner. Kami selalu memastikan iklan apa pun diberi label atau terpisah dari hasil penelusuran apa pun sehingga pengguna tahu persis apa itu.

Alamat Skyscanner?

Kantor perusahaan teretak di Skyscanner Ltd Quartermile One 15 Lauriston Place Edinburgh EH3 9EN United Kingdom

Mengapa harus pakai Skyscanner?

Aplikasi Skyscanner itu berisi portal informasi diantaranya tentang Tiket Pesawat Garuda. Bisa mengetahui mencari jutaan penerbangan dari ratusan maskapai dalam hitungan detik. Hanya lewat smartphone ditangan Anda akan terbantu, dan temukan penerbangan yang paling cocok dan menghemat uang bagi Anda, tentunya dengan salah satunya Tiket Pesawat Garuda Indonesia
.

Pilih Hotel Sesukamu?

Kemudia untuk mengetahui harga hotel per malam, fasilitas dan menu apa saja yang ditawarkan. Langkah cerdas bagi seorang travelling blogger adalah membandingkan harga tersebut dan dengan fasilitas yang masimal. Bandingkan harga dari semua situs perjalanan utama untuk temukan hotel yang paling cocok bagi Anda dan mendapatkan penawaran terbaik. Simpel cepat dan mudah bukan?

Penyewaan Mobil

Untuk hal Penyewaan Mobil, kemudahannya seperti memilih Hotel. Anda akan bisa mencari Sewa Mobil dengan mmiih mobil seperti apa, dan fasilitas apa saja di dalamnya. Atur dan tentunya prioritaskan kebutuhan dalam membawa perjalanan uar biasa anda dengan pilihan Sewa Mobil yang tepat. Tinggal pilih dan Booking!

Bagaimana cara menggunakan Skyscanner?

Langkah pertama adalah menginstal aplikasi ini, buka Playstore dan ketikkan ‘Skyscanner. Lalu pilih dan instal aplikasi gratis ini ke dalam smartphone kalian. Atau juga bisa langsung ke portal www.skyscanner.co.id

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi

Setelah terinstal aplikasinya segera lakukan Login pertama kalinya. Ada beberapa opsi pilihannya Menggunakan Facebook, Menggunakan Google, dan Menggunakan Email. Dalam hal ini saya memilih menggunakan Email, biar simpel dan selalu terbaca jika ada notifikasi dari Skyscanner.

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok.Pribadi
Masuk ke Tab selanjutnya dengan Memasukkan Alamat Email dan Password nya, Alamat email dan password otomatis sama dengan ketika mau masuk ke email. Saya menggunakan alamat email berekstensi (gmail.com)
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi

Selanjutnya akan ada balasan email dari Skyscanner, dan segera lakukan verifikasi, bahwa memang akun di Skyscanner udah terverivikasi.
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi

Tentukan Tujuan Tiket Pesawatnya

Masuk ke Tab Tiket Pesawat, ada tulisan Pulang-Pergi dan Sekali Jalan (ini untuk memastikan pemesanan tiket sekaligus pulang pergi atau hanya sekali jalan). Saya memakai contoh dari Bandung ke Jogja dengan 2 orang dewasa. Atur juga tanggal untuk pemesanan tiketnya. Tentukan juga Kelas Kabin nya Mulai Ekonomi sampai Kelas Satu. Setelah semua komplit pilih tombol Search atau Cari
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok.Pribadi

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi
Akan muncul daftar Pilihan Maskapai Penerbangan dari daftar list. Bermacam-macam listnya. Kelebihan dari apikasi Skyscanner adalah akan dibantu entang tiket dari yang termurah hinga naik secara berjenjang. Ada Termurah ke 1, termurah ke 2, termurah ke 3. Kalau sudah memilih, perhatikan untuk jadwal keberangkatannya. Lalu pilih yang mana?

Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Add caption

Kemudian akan diberikan informasi detal tentang tiket pesawat yang akan di pesan. Setelah itu klik periksa penawarn, Seteah itu nanti akan digiring oleh Skyscanner untuk meakukan transaksi pembayaran melalui situs yang ditentukan. Lakukan pembayaran via online dan selesai
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi

Secara prisip cara untu memesan Hotel dan Penyewaan Mobil hampir sama. Tentunya yang membedakan kalau untuk Hotel ada keterangan masuk Kelas Hotel Bintang berapa, Fasilitasnya apa, kalau untuk Mobil hanya untuk mengetahui jenis kendaraan apa yang dipilih (ada peringatan usia pengemudi diatas 25 tahun) tentunya tentukan dahulu lokasi penjemputannya. Akan diberikan opsi penawaran dari yang murah sampai yang mahal.
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok. Pribadi
Jelajah Nusantara bersama Skyscanner di Kota Jogja
Dok.Pribadi

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner


16 komentar:

  1. Sebagai manusia yang doyan dolan sendirian, ku kok jadi tergoda install Skyscanner yak? ahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah kok sendirian @ardha, mbok itu mas-masnya yang di Tawangmangu diajakin :)

      Hapus
  2. Hahahah, seperti biasanya mas dipa.. tulisannya sangat bergairah, jadi pengen keliling jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, Malang udah, Jogja udah, tinggal ke mana lagi bro?

      Hapus
  3. very nice mas dipa, pengen download aja nih bawaannya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal download aja kuota banyak kan?

      Hapus
  4. Wah... Ini tulisannya bagus banget Mas Dipa! 😄 Maulah direkomendasiin beberapa tempat asik buat melancong selain Jogja. Jadi pengen cus sendirian nih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Safitri makasih :) oke siap, Solo itu juga bagus atau Malang, ditunggu ulasannya yak?

      Hapus
  5. Jadi pengen ikutan dolan".. rekomendasi tempat yg cakep,aman,nyaman klo bawa si kecil dong om.. 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu di Jogja banyak ke Pinus atau Becici saja tempatnya nyaman, dan santai @vie

      Hapus
    2. Wes sering om.. 😁😁

      Hapus
  6. Oh ya ke sini aja, keraton Jogja atau Museum sekalian belajar si kecil @vhie

    BalasHapus
  7. Setujuhh ! Rekomendasi tempat wisatanya oke banget. Tulisan mas dipa bikin aku keinget jaman hunting, jd pengen lagi buat eksplor wisatanya jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosha, terimakasih @diyah, yes ajak keluarga tercinta wat jalan jalan ke wisata Jogja, biar makin seru :)

      Hapus
  8. Daebaaakkk...!!!
    solutif sekali untuk para pecinta dolan ki mas dipa :), warga jogja yang akan semakin mencintai kota nya atau para pelancong yang akan lebih tertarik dengan keindahan jogja tentunya.
    di tunggu tulisan2 berikut nya mas dipa,, khusus nya untuk exsplore wisata wisata jogja yang masih tersembunyi dan tak kalah indah pastinya..

    ganbate kudasai ... !!!!!

    BalasHapus
  9. @utha terimakasih,sudah mampir ke sini. Iya biar warga Jogja semakin cinta akan tempat wisata di Jogja, bagi yang dari luar Jogja biar bisa mengenal Jogja lebih dekat, saran yang bagus, yap eksplorasi tempat wisata pelosok yang belum terkenal biar bisa menjadi lebih dikenal masyarakat Indonesia :)

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html