Kamis, 05 April 2018

Mie Ayam & Bakso Pak Sronto Ngampilan Jogjakarta

Dwipracaya.com | Siang itu selepas sholat dhuhur, ketika mentari berada di atas kepala, menyapa manusia di bawahnya dengan cahaya panas merona menyengat kulit kembali memanggang kota Jogjakarta. Siang itu ingin rasanya lidah ini mencari makan siang untuk mengganjal perut yang sudah saatnya dikasih makan. "Pokoknya yang enak dan segar,” seperti itulah pikiranku waktu itu.

Akhirnya pikiranku ingin mencoba masakan Mie Ayam Bakso ‘Pak Sronto’ yang terletak di jalan Ngampilan Jogjakarta. Setiap hari ketika berangkat bekerja mata ini selalu saja tergoda oleh spanduk panjang di depan warung makan itu. Dengan gagahnya tertulis ‘Warung Mie Ayam & Bakso Pak Sronto', selalu saja mencuri perhatianku ketika mengendarai motor, melewati depan spanduk biru kece itu, timbullah hasrat untuk sekedar mencoba menu tersebut meskipun masih sebatas angan saja. Usut punya usut sang owner ternyata nama aslinya adalah Bapak Slamet Hadi Prayitno, loh terus kok bisa memakai brand makanan ‘Pak Sronto’ itu bagaimana ceritanya? So, bacalah ulasannya di bawah ini sobat, nanti juga akan tahu sebabnya?

Mie Ayam & Bakso Pak Sronto Ngampilan Jogjakarta
Mie Ayam Bakso


Dimana Letak Warung ini?

Warung Mie Ayam & BaksoPak Sronto' ini terletak di Jalan Letnan Jendral Soeprapto Ngampilan Jogjakarta. Dari arah parkir Ngabean ke arah utara, lurus saja mengikuti arah jalan raya. Setelah ada pertigaan pertama, tepat di sebelah utara pertigaan jalan itu ada warung makan yang gak pernah sepi, selalu saja ada kendaraan parkir di depan warung itu. Jika masih pusing juga, segera ambil gadget mu terus masuk applikasi Googlemaps dan ketikkan ‘Mie Ayam & Bakso Pak Sronto’ begitulah,nanti akan dipandu agar sampai ke TKP oleh aplikasi tersebut. Simpel kan?

Mengapa brand Mie Ayam & Baksonya ‘Pak Sronto’?

Singkat cerita sekitar tahun 1995, Bapak Slamet sudah membuka usaha warung makan. Waktu itu di depan warung itu ada tempat penyembelihan hewan (tempat praktek mahasiswa), dan biasa ada mahasiswa dari Kedokteran UGM (Universitas Gadjah Mada) sering mampir dan makan di warung ini, mengingat tempatnya yang sangat dekat dengan lokasi penyembelihan hewan tersebut. Ada celetukan spontan keluar dari salah seorang mahasiswa,

“Pak warung makan ini sudah punya nama belum?” 
“Belum, jawab pak Slamet kala itu.”
“Kalau begitu, bagaimana kalau memakai nama ‘Warung Mie Ayam Pak Sronto’ timbul usulan dari salah satu mahasiswa itu secara spontan. 

Mie Ayam & Bakso Pak Sronto Ngampilan Jogjakarta
Pak Slamet aka Pak Sronto
Diberikan nama unik Pak Sronto itu karena kebetulan fisik bapak Slamet memang mirip dengan salah satu pemain acara Mbangun Deso pada waktu itu. Dengan perawakan sama, tubuh gempalnya dan ada kumis yang menghiasi atas mulutnya, memang sekilas Pak Slamet mirip dengan Pak Sronto itu, dan udah banyak warga yang setali tiga uang, mengiyakan jika memang keduanya sangat mirip.Gak percaya, coba googling saja dengan kata kunci Sronto Den Baguse Ngarso, nanti juga akan tahu seperti apa perawakan pemilik nama di acara kondang era itu. Sejak saat itulah warung pinggir jalan itu dikenal dengan 'Mie Ayam & Bakso Pak Sronto'. Alhamdulillah :)

Menu makanan andalan yang ditawarkan ada Mie Ayam Original, ada Mie Ayam Goreng, ada juga Mie Ayam Bakso Spesial. Untuk minumnya seperti biasa ada Es Teh, Soda Gembira, Es jeruk dan lainnya.

Seperti apakah Mie Ayam & Bakso Pak Sronto itu?

Mie nya itu kecil-kecil bentuknya, pipih dan tipis, seperti mie Jakarta. Tipis dan nyaman ketika digigit masuk ke lidah. Ada kombinasi ciamik dari pangsitnya, pangsit bisa minta kering atau yang basah tergantung selera pembeli. Tak ketinggalan ada sawi warna hijau nan fresh ditemani dengan potongan daging ayam yang bertabur di atas permukaan mie ayam. Perpaduan table manner nya mantap, warna mangkuknya kontras dan berwarna cerah meriah membuat nyaman pembeli ketika menyantap. Kuah mie ayam sengaja dipisah dan ditempatkan dalam sebuah mangkuk kecil warna orange, lagi-lagi menggunakan warna yang cetar membahana. 

Mie Ayam & Bakso Pak Sronto Ngampilan Jogjakarta
Kuah Mie Ayam
Baksonya teksturnya kasar dan kenyal, ketika kali pertama digigit akan terdengar bunyi ‘kreshkreshkresh seperti itu. Ada potongan daging yang sangat terasa sekali. Empuk dan kenyal begitulah kiranya ketika lidah dan gigi bertemu dengan bakso ini.

Tips Unik Cicipi Mie Ayam Enak atau Tidak?

Pak Slamet aka Pak Sronto membeberkan tips unik, jika ingin mencicipi apakah mie ayam itu bumbunya enak atau quailified? Beliau mengemukaan bahwa ketika mie ayam sudah terhidang di meja, segera aduk rata bumbu di dalamnya. Jangan gunakan dahulu saus, kecal, dan sambal tahan dahulu. Setelah merata semua bumbu yang ada di dalam mangkuk, ingat tanpa saus kecap dan sambal yak, segera cicipi kuahnya itu, jika memang gurih dan ada rasanya asin ada bau harum dari kuahnya dan lainnya pasti mie ayam itu akan enak dengan sendirinya. Rasa masih original tanpa campur tangan saus kecap dan saus. Dijamin jika sudah enak tanpa bumbu pelengkap akan lebih nikmat ketika ditambahkan saus sambal dan kecap. Ketika mie ayam belum dikasih bumbu saus kecapsaja sudah enak, apalagi akalau sudah dicampur pasti akan semakin nikmat. Nice tips pak :)

Berapa Harganya?

Untuk harga perporsinya Mie Ayam Original Rp10.000, dan untuk Mie Ayam Bakso Rp13000, wah murah sekali bukan? Rogoh kocek 20 ribu sudah dapat minuman tinggal milih sesuai selera. Minuman biasa mulaiharga Rp3000.

Mulai Buka dan Tutup?

Warung ini mulai buka dari jam 09.00 WIB pagi sampai jam 21.00 WIB malam, Anaknya itulah yang membantu jualan bersama bapaknya jadi bukan karyawannya loh. Pak Slamet juga mengajari langsung anaknya untuk cekatan dalam melayani pembeli, memperhatikan faktor kebersihan dan jangan pernah bermain handphone ketika sedang bekerja. Teradang sang owner juga langsung menginstruksi anaknya ketik ada pesanan datang, dengan santai duduk di depan meja kasir untuk mengitung dan penjaga garda keuangan. Ahay :)
Mie Ayam & Bakso Pak Sronto Ngampilan Jogjakarta
Suasana Warung nan Bersih


Apakah ada Tim Delivery Order?

Iya ada Tim Delivery Order yang siap mengantarkan pesanan kepada pembeli. Minimal order 5 pcs, dengan area jangkauan Kota Jogjakarta. Waw keren juga kan? Dah buruan coba deh cicipi Mie Ayam & akso Pak Sronto ini dijamin nagih dah, resikonya ya cuma besok balik lagi ke warung ini. Untuk kontak person bisa ke nomor 08190 4255 574, oke catet ya nomernya! Jangan lupa :)

Ayo temukan 'Warung Mie Ayam & Bakso Pak Sronto' di apikasi Googlemaps di bawah ini.







0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html