Minggu, 06 Mei 2018

Gowes Lagi ke Embung Merdeka Ganjuran Bantul

Dwipracaya.com | Ahad, 6 Mei 2018 sengaja bangun pagi sekali agar bisa kembali melakukan aktifitas gowes santai. Aktifitas yang sudah jarang dilakukan mengingat banyak aktifitas yang kembali menerpa kehidupanku. Boleh lah, ketika aktifitas monoton biasanya hanya 'ngegas sepeda motor pagi tadi otot paha dan tangan berolahraga dengan mengayuh sepeda MTB kesayanganku. Udara pagi hari nan sejuk dan semburat cahaya mentari pagi kembali menyapaku setelah sekian lama cuek saja.
Gowes Lagi ke Embung Merdeka Ganjuran Bantul
Cantik juga kan?

“Uh…seger e udara pagi ini.” 
“Hai, apa kabar kalian di sana?"

Begitulah kiranya mentari pagi menyapa para pecinta gowesser

Gowes ke mana?

Tujuan gowes pagi tadi adalah ke Embung Merdeka Ganjuran. Salah satu destinasi wisata baru yang berada di Dusun Gunungan Desa Sumbermulyo Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Tempat ini sempat booming dan menjadi timeline di media Instagram beberapa bulan yang lalu. Pada tanggal 6-13 April 2018 di area tempat ini diadakan Festival Lentera Apung dan Jajan Pasar (sayangnya saya gak tahu dan terlewatkan)
Gowes Lagi ke Embung Merdeka Ganjuran Bantul
Salah satu spot cantik di sekitar embung

Festival penyalaan 500 lampion apung yang berwarna-warni, diletakkan di atas permukaan embung ini. Ditambah dengan aneka jajanan pasar yang tentunya sudah tidak asing seperti gatot, thiwul, geplak dan lainnya. Lebih menarik lagi biaya masuk oleh pihak panitia tidak ditentukan, sukarela untuk pengembangan dan dana sosial Embung Merdeka Ganjuran ini. Boleh dicek postingan di akun resmi Instagram @Galeri_embung_merdeka, ada banyak foto dan spot ciamik yang betebaran di sana. 

Gowes Lagi ke Embung Merdeka Ganjuran Bantul
Diambil dari akun resmi Galeri Embung Merdeka
Gowes Lagi ke Embung Merdeka Ganjuran Bantul
Diambil dari akun resmi Galeri Embung Merdeka

“Yah, sayangnya saya gak bisa datang.”

Lokasi Embung?

Dari arah Gereja Ganjuran, lurus ke arah timur. Ada perempatan di tengah ada pohon beringin kecil, masih lurus ke arah timur. Akan ada perempatan dengan jalan beraspal pertama, ambil dan belok kiri. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan perempatan pertama. Lihat barat jalan ada tatanan pohon cemara rapi berjejer dengan rapi, nah itu sudah masuk ke area Embung Merdeka Ganjuran. Masih pusing, segera ambil gadget kalian dan buka aplikasi Googlemaps, lalu ketikkan ‘Embung Merdeka, akan sangat mudah dipandu arahnya menuju lokasi ini. Mudah kan?

Gowes Lagi ke Embung Merdeka Ganjuran Bantul
Refleksi yang sempurna

Apa itu Embung Merdeka?

Mulai dibangun pada tahun 2013 silam, awalnya hanya untuk fungsi pengairan irigasi area persawahan di seitar embung. Sehingga irigasi di tempat ini lancar dan tanaman bisa mendapatkan pasokan air dengan baik. Sempat juga untuk budidaya ikan, namun gagal karena pintu embung dibuka dan ikan lepas menuju sungai.

Ada 2 (dua) embung yang terpisah, di sebelah utara dengan ukuran lebih besar dan luas, sedangkan di sebelah selatan berukuran jauh lebih kecil. Dipisahkan oleh jalan akses masuk area embung ini. Tersedia juga bangunan pendopo untuk berteduh berlindung di bawah sengatan mentari. Atau sekedar beristirahat sejenak, setelah lelah menggenjot kayuhan sepeda misalnya.

Kalau saat ini kondisi normal embung ini sering dipakai untuk lokasi mancing. Banyak para penghobi mancing yang malam hari melakukan aktifitasnya di sini. Selain suasana bersih dan cukup nyaman dan tenang membuat para pecinta mancing mania sering menjadikan lokasi Embung Merdeka sebagai tempat  favorit menyalurkan hobinya.

Siapa pengelolanya?

Untuk saat ini untuk pengeola secara umum adalah warga masyarakat Gunungan dan Desa Sumbermulyo, terutama Kepala Dusun Gunungan Saliyo, tokoh wisata Rushandono. Karena dari ide awal merekalah ke depan ada kegiatan positif yang mendukung dan memboomingkan wisata Embung Merdeka Ganjuran ini. Ditambah lagi jika ada mahasiswa yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) juga perlu dipikirkan agar bisa bersinergi dengan masyarakat. Tentunya kolaborasi dari Mahasiswa KKN ditambah dengan partisipasi warga pasti akan melahirkan ide-ide yang kreatif.

Ada udang di tempat ini?

Sambil mengobrol dengan seseorang yang sibuk menarik tali yang diikatkan dalam bekas botol air mineral. Bekas botol air mineral yang dimodifikasi bagian bawahnya, dikasih pelet (umpan) di bagian bawah bapak paruh baya ini menarik tali dan tampak mengeluarkan isi dari bekas botol itu Ada udang-udang kecil kena perangkap unik itu. Pria yang mengaku memiliki nama Abi Mahesa ini mengemukakan bahwa udang itu untuk makanan ikan air tawar di rumahnya, kebetulan ada usaha jual ikan dan akuarium yang digelutinya.

Sambil asyik ngobrol saya dikasih kesempatan untuk melihat udang hasil tangkapannya, cukup banyak dan unik mengingat hanya memakai alat penangkap udang yang super sederhana.
Gowes Lagi ke Embung Merdeka Ganjuran Bantul
Banyak juga ya?

Pesan untuk Pemerintah Kabupaten Bantul?

Semoga dengan kehadiran Embung Merdeka Ganjuran Bantul ini bisa menambah daftar wisata di Bantul. Perlu adanya kerjasama positif antara pemerintah khususnya sektor kepariwisataan dan partisipasi warga setempat. Maksimakan segala potensi yang ada di Embung Merdeka, saya yakin dengan kemampuan ciamik dan promosi yang gencar lambat laun Embung Merdeka Ganjuran bisa menjadi destinasi wisata yang eksis. Bukan hanya ketika ada penyelenggaran festival musiman saja. Perhatikan juga tentang kondisi parkir kendaraan dan tempat penanganan sampah, terlebih juga harus diperhatian untuk pengamanan pengunjung mengingat area wisata ini adalah wilayah rawan untuk anak-anak kecil.

Sukses untuk pengelola Embung Merdeka Ganjuran Bantul dan tetap optimis dan ayo lebih semangat lagi dalam berkarya, kalau bukan kita yang aktif lalau mau siapa lagi?

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Keren banget pemandangannya euy. Foto-fotonya juga cakep. Jadi pengin ke sana.

    Btw, udah lama banget gak ngerasain asyiknya gowes. Sibuk sama kerjaan.

    BalasHapus
  3. Iya broe tempatnya masih polos banget dan belum banyak yang ke sini, ya bolehlah diatur gowes lagi, jangan cuma'ngegas thok haha :)

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html