Minggu, 27 Mei 2018

Ramadhan: Zakat dari Kita, untuk Ummat Muslim di Seluruh Dunia

Dwipracaya.com | Alhamdulillahirobbil’alamiin, segala puji bagi Allah Rabb semesta alam atas segala nikmat dan karuniaNya. Tak terasa juga kita umat muslim di seluruh dunia genap menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1439 hari ke 10. Tidak terasa bahwa baru seperti kemarin saja, kita umat muslim kali pertama menjalankan puasa yang pertama tanggal 17 Mei 2018. Itu artinya terlalu banyaknya nikmat dan kasih sayang Allah ta’ala kepada seluruh hambanya, seluruh makhluknya di alam semesta, lebih-lebih pada bulan Ramadhan, bulan yang mulia dan penuh kemuliaan.
 
25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
25 Tahun Membentang Kebaikan via www.dompetdhuafa.org
Bagaimana, kabarmu di tanah rantau, Panca? Pulau Kalimantan apakah bersahabat dengan tubuhmu yang kering dan kurus, wahaha peace ya! Jujur saya tidak menyangka bahwa kamu memutuskan untuk hijrah merantau di pulau Kalimantan, di Kota Samarinda ya, jujur saya tak mengiranya. Namun, kamu membuktikan bahwa kamu yang terbaik dan tekadmu lebih dari kami semua.
 
 “Keren, Col...Pacol,” gumamku dalam semangat.
 
***
Perlu diketahui adalah ketika kami bersekolah di SMK Negeri 2 Yogyakarta, saya, Bangun, dan Panca adalah teman karib semasa itu. Kemana-mana selalu bareng, saya dan Panca asli warga Bantul, namun Bangun adalah asli anak Sleman. Kami bertiga dipertemukan di dalam kelas yang sama mengambil jurusan Teknik Informatika di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Berawal dari pas makan pertama di kantin sekolah dan sering jajan di depan SMP Negeri 6 Yogyakarta kami mulai akrab.

Panca adalah anak laki-laki dengan perawakan kecil, kulit berwarna coklat kehitaman, matanya cekung, dan tatapannya seperti kosong, tak tahu kenapa, Namun waktu itu mungkin karena pengaruh nikotine rokok, jadi seperti itulah perawakannya. Saya juga heran, kok ada ya anak kecil hitam lagi eh ternyata doyan rokok. Panca adalah sebuah nama yang unik karena tak ada ‘embel-embel sebelum dan sesudahnya. Hanya nama Panca, artinya anak ke lima itu doang, 'thok till haha. Di kelas kami waktu itu Panca memiliki nama julukan Pacol, dalam bahasa jawa adalah sebuat alat pertanian yang digunakan untuk mencangkul area tanah persawahan. So, jadilah nama julukan Pacol untuk sebuah nama Panca. Ha ha, cocok dah :)

Lain lagi dengan Bangun, anak laki-laki itu mempunyai paras cukup rupawan, dengan kulit putih mata sipit namun bukan keturunan Cina. Asli orang Sleman pribumi Indonesia. Hanya mungkin Bangun dapat bonus kalau kulitnya putih dan paras cukup rupawan, ahaha. Begitulah perkenalan singkat 2 (dua) temanku yang meski sudah puluhan tahun lulus dari sekolah, namun komunikasi tetap berjalan. Dan informasi tentang Panca yang merantau ke tanah Kalimantan adalah yang membuat saya dan Bangun kaget, kami tahu betul bahwa dulu ketika SMK Panca seperti apa dalam menerima pelajaran, minatnya seperti apa dan nilai akademiknya seperti apa. Eh namun kok dengan tiba-tiba ketika lulus SMK, langsung melanjutkan kuliah di perguruan tinggi swasta mengambil fakultas pertanian. Sementara Bangun gak lulus kuliah dan saya alhamduillah lulus kuliah sehingga bisa sarjana.

“Kok, yo bisa ya, Pacol malah ada minat melanjutkan kuliah, “gumam saya dalam hati. Itulah kehendak Allah yang maha membolak-balikkan hati dan ketetapan seorang manusia, ciptaanNya.

Hay, Pacol apa kabar di sana? Puasanya lancar kan? Sudah sahur tadi pagi, sahurnya bareng orang atau bareng beruang, wahaha. Semoga Allah ta’ala selalu merahmati dan menyertaimu. Semoga juga kelak jika sudah bertemu kembali tubuh kamu makin berisi saja, aamiin gak kering seperti ketika masa SMK dahulu. “Hey, kamu dah mandi kan?”

Gini, Col saya baru saja membaca artikel di sebuah website. Artikelnya ini menurutku sangat bagus karena memberikan pengertian akan pentingnya zakat? Kamu masih tahu kan istilah Zakat, yang masuk syarat rukun Islam yang 5 (lima). Ini jujur saya tertarik untuk membaca dan alhamdulillah paham, maka dari ini saya ingin bercerita kepadamu, ya barangkali dirimu juga berkenan membaca dan mengetahui arti pentingya Zakat itu. Silakan dibaca baik-baik yak? “Ohya, jangan lupa sediakan kopi hitam ala Nescafe tanpa gula di samping laptopmu ya sebagai pendamping, biar mesra!”

Anjuran dalam Al qur’an tentang Zakat

"Tidaklah mereka itu diperintah, supaya beribadah kepada Allah, dengan ikhlas dan condong melakukan agama karenaNya, begitu juga supaya mengerjakan shalat dan membayarkan zakat, dan itulah Agama yang lurus." (Qs. Al Bayyinah ayat 5)

"Sungguh berbahagia orang-orang mukmin yang khusu’ dalam sholatnya yang berpaling daripada hal yang sia-sia dan membayarkan zakatnya"
(Qs. Al Mukminun ayat-1-4)

"Usaha riba yang kamu lakukan dengan maksud agar supaya harta manusia selalu bertambah maka tidaklah harta itu bertambah di sisi Allah. Tetapi harta yang kamu sekalian keluarkan untuk zakat dengan mengharap keridhoan Allah, maka kamu sekalian adalah orang-orang yang berhasil dalam usaha melipat-gandakan pahala." (QS Ar Rum ayat 39)

“Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Tirmizi)

Serta masih banyak lagi anjuran dalam al qur’an seperti Qs. Al Baqarah ayat 43, 267 dan 276, Qs. At Taubah ayat 103. Dari anjuran di atas adalah jelas bahwa Zakat itu adalah penting, mengingat banyak dianjurkan dalam al qur’an. Saya yakin tentu ada maksud dan hidayah Allah ta’ala mengapa Zakat itu begitu petingnya segitu banyak disebutkan dalam al qur’an.

Pengertian Zakat?

Menurut bahasa, kata “zakat” berarti tumbuh, berkembang, subur atau bertambah. Dalam Al-Quran dan hadis disebutkan, “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah” (QS. al-Baqarah[2]: 276); “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah[9]: 103)

Menurut istilah, dalam kitab al-Hâwî, al-Mawardi mendefinisikan zakat dengan nama pengambilan tertentu dari harta yang tertentu, menurut sifat-sifat tertentu, dan untuk diberikan kepada golongan tertentu.

Adapun kata 'infak dan 'sedekah, sebagian ahli fikih berpendapat bahwa infak adalah segala macam bentuk pengeluaran (pembelanjaan), baik untuk kepentingan pribadi, keluarga, maupun yang lainnya. Sementara kata 'sedekah adalah segala bentuk pembelanjaan (infak) di jalan Allah. Berbeda dengan zakat, sedekah tidak dibatasi atau tidak terikat dan tidak memiliki batasan-batasan tertentu. Sedekah, selain bisa dalam bentuk harta, dapat juga berupa sumbangan tenaga atau pemikiran, dan bahkan sekadar senyuman.

Hukum Zakat?

Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok bagi penegakan syariat Islam. Oleh sebab itu, hukum menunaikan zakat adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ke-taatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat. Dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. al-Bayyinah[98]: 5).

Rasulullah sallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; mendirikan salat; melaksanakan puasa (di bulan Ramadan); menunaikan zakat; dan berhaji ke Baitullah (bagi yang mampu).”
(HR. Muslim).

Macam Zakat?

Ternyata ada beberapa macam zakat diantaranya adalah Zakat Nafs (jiwa), disebut juga zakat fitrah dan Zakat Mâl (harta). 
 

Syarat-Syarat Wajib Zakat?

Muslim, Berakal, Baligh (sudah dewasa laki-laki: sudah sunat, dan mimpi basah, perempuan: sudah datang bulan, Memiliki harta sendiri dan sudah mencapai nisab

Nah, kalau ingin lebih lengkap tentang penjelasan detail tentang zakat dan lainnya bisa cek saja ke website ini, sangat lengkap sekali di SINI Sangat lengkap sekali, dah penjelasannya.

Nah, berawal dari itu semuanya jujur saya terbuka pemikiran saya akan zakat, Jika zakat ini benar-benar dipahami maknanya dan benar-benar dijalankan oleh warga muslimin insyaallah menjadi solusi bagi mereka yang benar-benar membutuhkan, kita juga bisa membantu meningkatkan taraf ekonominya, Nah, ini saya suk, memberdayakan zakat untuk memberdayakan mereka kaum yang ekonominya kurang seberuntung kita. Masih ingat kan pelajaran ketika SMK dulu, bahwa tiap-tiap muslim itu adalah saudara satu muslim merasakan sakit sudah selayaknya kita juga merasakan sakit.

Diantara lembaga yang mengelola zakat di Indonesia saya menyarankan untuk mempercayakannya kepada lembaga Dompet Dhuafa. Kamu pasti sudah tidak asing dengan lembaga sosial dengan logo segitiga berwarna hijau ini, yuk di baca siapa sih dan apa itu lembaga Dompet Dhuafa?

Apa itu Lembaga Dompet Dhuafa?

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasif dhuafa. Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar Bagir, S. Sinansari Ecip, dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen Dompet Dhuafa Republika.

Sejarah Awal Kehadiran Dompet Dhuafa?

Sejak kelahiran Harian Umum REPUBLIKA awal 1993, wartawannya aktif mengumpulkan zakat 2,5% dari penghasilan. Dana tersebut disalurkan langsung kepada dhuafa yang kerap dijumpai dalam tugas. Dengan manajemen dana yang dilakukan pada waktu sia-sia, tentu saja penghimpunan maupun pendayagunaan dana tidak dapat maksimal.
 
25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Via Zakat.or.id

Dalam sebuah kegiatan di Gunung Kidul Yogyakarta, para wartawan menyaksikan aktivitas pemberdayaan kaum miskin yang didanai mahasiswa. Dengan menyisihkan uang saku, mahasiswa membantu masyarakat miskin. Aktivitas sosial yang telah dilakukan sambilan di lingkungan REPUBLIKA pun terdorong untuk dikembangkan.

Apalagi kala itu, masyarakat luas telah terlibat menyalurkan ZIS nya melalui DD. Sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, DD tercatat di Departemen Sosial RI sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan. Pembentukan yayasan dilakukan di hadapan Notaris H. Abu Yusuf, SH tanggal 14 September 1994, diumumkan dalam Berita Negara RI No. 163/A.YAY.HKM/1996/PNJAKSEL.
Berdasarkan Undang-undang RI Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan zakat, DD merupakan institusi pengelola zakat yang dibentuk oleh masyarakat. Tanggal 8 Oktober 2001, Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 439 Tahun 2001 tentang PENGUKUHAN DOMPET DHUAFA REPUBLIKA sebagai Lembaga Amil Zakat tingkat nasional. (Sumber: www.dompetdhuafa.org)

Kalau untuk kantor cabang perwakilan tahun 2018 alhamdulillah sudah ada sekitar 23 Kantor Cabang di seluruh dunia, dengan diantaranya 5 (lima) diantaranya ada di negara Hongkong, Jepang, Amerika Serikat, Australia, dan Korea Selatan. Masyaallah. Jadi gak perlu khawatir tentang lembaga Dompet Dhuafa mau lebih lengkap lagi, bisa cek legalitas dan manajemennya di SINI.

Jadi makin manteb saja kan, dan yakin saja dengan Dompet Dhuafa, memang perlu juga era sekarang ini harus memastikan dana yang kita setorkan itu ada kantornya, legalitasnya ada dan manjemennya seperti apa, jangan sampai uang yang kita setorkan justru tidak dikelola oleh lembaga yang tidak amanah, jangan sampai ya?

Berawal dari Zakat Mereka Berdaya

Jujur saya teringat ketika dahulu saya dan kamu berangkat sekolah dengan mengendarai sepeda 'onthel. Padahal banyak diantara teman kita yang sudah dengan pedenya mengendarai sepeda motor, gak perlu saya tanya kenapa? Ya, karena memang ekonomi keularga kita sangat sederhana dan pas-pasan. Bapak dan orang kita hanya kerja serabutan gak sama dengan teman kita yang beruntung. Namun tak mengapa, kesederhanaan dulu kita kita tebus dengan membantu masyarakat lain yang keadaannya sama dengan kita dulu, sekarang kita kan sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan cukup, nah sudah saat nya kita pikirkan ekonomi mereka? Betul kan sob?

Ini Salah Satu Program Pemberdayaan Dompet Dhuafa?

Pemberdayaan Ekonomi merupakan program dengan orientasi pemberdayaan masyarakat secara penuh agar dapat terentaskan dari kemiskinan. Ruang lingkup program ekonomi ini ditangani oleh beberapa Jejaring sebagai berikut :

Masyarakat Mandiri (MM)

Program Masyarakat Mandiri (MM) didedikasikan DD sejak tahun 2000 untuk memutus lingkaran kemiskinan di kantong-kantongnya. Program pemberdayaan MM menjangkau komunitas pedesaan, perkotaan, wilayah pasca bencana, serta komunitas berdasar klaster ekonomi.

Kampoeng Ternak Nusantara

Program Kampoeng Ternak meliputi : Pembibitan (breeding), Pakan, Teknologi, Manajemen, dan Veteriner. Sedangkan program pemberdayaan peternak dhuafa (community development) dibangun dengan pembentukan kelompok-kelompok peternak di daerah-daerah bidikan.

Pertanian Sehat Indonesia (PSI)

Berdiri sejak 1999 untuk memulai program pengembangan dan penelitian produk pertanian berupa pembasmi hama dan pupuk yang ramah lingkungan. Lokasi di Desa Ciburuy dan Cinagara, Kecamatan Cijeruk, Kab. Bogor, Jawa Barat. Program ini kemudian dikembangkan hingga ke beberapa daerah lain di Jawa.

Apa saja yang diberdayakan Dompet Dhuafa?

Saat ini lembaga Dompet Dhuafa sudah memberdayakan dalam bidang Peternakan, Pertanian, dan Pemberdayaan UMKM. Coba lihat yuk, apa saja kiprah perjuangannya di bawah ini,

Dalam Bidang Pemberdayaan UMKM di Wilayah Pesisir

25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Via Zakat.or.id
  1. Program Pemberdayaan Nelayan Pesisir Sidoarjo
  2. Program Pedagang Makanan Jajanan Kecil di Sekitar Hypermart Depok
  3. Program Pedagang Tangguh Miwon di Wilayah (Pulo Gadung, Cipinang, Jatiwaringin dan Pasar Minggu Jakarta Timur
  4. Program Recovery Pasca Erupsi Merapi
  5. Program Pemberdayaan Petani Cabe Lampung Selatan dan Cianjur
  6. Program Warung Anak Sehat (WAS) Jakarta, Sukabumi, Lebak, dan Nusa Tenggara Barat
  7. Program Pemberdayaan Penyandang Cacat (Penca) Ciputat-Tangsel, Rawa Lumbu-Bekasi
  8. Program Pemberdayaan Nelayan Kerang Hijau, Kaseme-Serang
  9. Program Klaster Mandiri (Zona Madina Bogor, Bantaeng, Ponorogo, Blora, Jeneponto, 
Lebak Pemberdayaan dalam Bidang Pertanian

25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Via Zakat.or.id
  1. Klaster Mandiri (Zona Madina-Bogor, Lebak, Bantaeng, Blora, Kulonprogo, Tuban, Ponorogo).
  2. Program Pemberdayaan Petani Sehat (P3S)(Serang, Brebes Utara & Selatan, Cianjur, Subang, Tegal)
  3. Program Recovery Pasca Bencana Sinabung-Sumatera Utara
  4. Lumbung Desa (Cianjur, Blora, Bantaeng, Brebes)Program Community Farm (Kemloko-Temanggung, Bukateja-Purbalingga, Aceh, Pandeglang)
  5. Program Bank Benih Kasepuhan Sinar Resmi, Cisolok, Sukabumi
  6. Program Agrobudaya Sinar Resmi, Cisolok, Sukabumi
  7. Program Green Horti Move Mustahik to Muzakki (M3) Mojokerto, Cipanas-Cianjur
  8. Program Sentra Jamur Jampang-Bogor
  9. Program Pengembangan Usaha Lele (Koperasi Pertani Mandiri, Koperasi Manunggal Rasa)
Pemberdayaan dalam Bidang Peternakan
25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Via Zakat.or.id
  1. Program Pemberdayaan Peternak(Tuban, Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Sumedang, Karawang, Situbondo, Bima, Lampung)
  2. Program Klaster Mandiri (Zona Madina Bogor, Bantaeng, Ponorogo, Blora, Kulonprogo, Lebak)
  3. Program Sentra Ternak (Pringsewu, Ciamis, Majalengka Sumbawa, Maluku Utara)
  4. Program Bank Ternak (Cirebon, Banyuwangi, Muaragembong)
  5. Program Recovery Pasca Bencana (Merapi, Kelud)
  6. Program Mustahik Move To Muzakki (Sukabumi, Sleman)

Mengapa Mereka Harus Diberdayakan?

Begini sob, kalau kita sering lewat di jalan raya, tentu akan menjumpai pemandangan yang sangat miris. Ada seorang ibu dengan keadaan seperti itu, menggendong seorang anak yang tertidur pulas. Di tangan kanannya ada bekas botol minuman air mineral sudah dipotong ujungnya. Mereka dengan semangat mendatangi mobil dan kendaraan untuk meminta kemurahan hati yang dimintainya. 
Mereka menggantungkan hidupnya dari perbuatan itu?

Padahal kita sudah tahu dengan memberinya uang iu saja tidak cukup, karena toh mereka juga akan terus melakukannya. Cara efektif untuk memutus rantai itu adalah dengan memberdayakan mereka, biasa saja dengan pendekatan khusus mereka diajari carananya berjualan, berjualan pusa, berjualan gorengan, atau jualan es juice seperti itu. Jadi secara harkat dan martabat mereka akan lebih bagu s karena tidak meminta-minta atau mengemis. Mereka juga akan lebih bisa mandiri karena dari kegiatan itu mereka akan mendapatkan penghasilan terus menerus. Betul kan?

Larangan Meminta-minta

Rasulullah sallallahu'alaihi wasallam bersabda: 

"Barangsiapa meminta-minta kepada orang lain dengan tujuan untuk memperbanyak kekayaanNya, sesungguhnya ia telah meminta bara api, terserah kepadanya apakah ia akan mengumpulkannya sedikit atau memperbanyaknya." (HR. Muslim)

"Seseorang yang selalu meminta-minta kepada orang lain, di hari kiamat ia akan menghadap Allah dalam keadaan tidak ada sekerat daging sama sekali di wajahnya" (HR. Bukhari, Muslim)

"Sesungguhnya meminta-minta itu adalah topeng yang dikenakan seseorang pada dirinya sendiri, kecuali bila seseorang meminta penguasa atau keadaan yang sangat terpaksa." (HR. At Tirmidzi)

Jadi dengan jalan berkontribusi menjadikan lembaga Dompet Dhuafa ini insyaalah kita menyelamatkan saudara sesama muslim yang masih saja meminta-minta di jalan, kita sematkan mereka dengan cara yang bermanfaat. Menyelamatkan ekonominya di dunia dan di akherat. Aamiin ya robbal’alamiin

Kemudahan Membayar Zakat Online

Dari uraian di atas gimana, sangat menarik sekali kan, Pacol? Dari alasan mengapa kita harus membayar zakat dan mengapa harus percaya kepada sepak terjang lembaga Dompet Dhuafa, bagaimana cara memberdayakan alokasi dana, sektor apa saja yang diberdayakan dan terakhir pentingnya kita memutus rantai kemiskinan yang terjadi saat ini. Mantap kan?

Lantas, Kalau Ingin Berdonasi Bagaimana Caranya?

Sangat mudah sekali, untuk yang pertama bisa langsung mengontak Kantor Perwakilan Cabang tersebut di sini ( http://zakat.or.id/tentang-kami/cabang-dompet-dhuafa/) atau juga langsung daftar ke website resmi www.zakat.or.id. dan juga website www.dompetdhuafa.org. Ikuti pentunjuk di bawah ini yak, jangan lupa niatkan semata hanya untuk beribadah kepada Allah ta’la seperti itu aamiin, jangan lupa ya :)
 
1. Login dahulu ke alamat website www.zakat.or.id, langsung Enter, dan perhatikan Tab Bayar Zakat, segera Klik dan tunggu beberapa detik akan muncul Tab berikut.

25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Login ke website www.dompetdhuafa.org

2. Akan muncul Tab Informasi mengenai data Pemberi Dana atau lebih dikenal Muzakki. Isi keterangan Data Pribadi dan tentukan juga Pembayaran Zakat, dan mau menggunakan Rekening Bank apa, kalau sudah semuanya segera Klik Donasi Sekarang
 
25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Lengkapi Data Pribadi dan Rekening Pembayaran
3. Setelah itu akan muncul kotak dialog Tab Metode Pembayaran Donasi, langkah ini untuk melakukan cek kembali apakah informasi yang telah dimasukkan sudah benar atau belum. Catat dan perhatikan Kode Konfirmasi. Setelah itu Klik Bayar Sekarang!
 
25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Bayar Sekarang
4. Cek sekali lagi jumlah Donasi yang ingin dikirimkan, Catat juga Kode di bawah jumlah Donasi. Kalau semua sudah sesuai Klik Proceed Payment.

25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Tab Proceed Payment
5. Langkah terakhir akan muncul ke halaman Internet Banking yang sudah dipilih. Login dengan Username dan Password yang dimiliki, Ok. Segera trznsfer seperti melakukan transaksi menggunakan Internet Banking, mudah simpel dan gampang.
 
25 TahunDompet Dhuafa Membentang Kebaikan Berawal Dari Zakat
Tab Payment Gateway

Nah, sudah selesai Simpel Mudah dan Gampang juga kan, kalau misal tidak ada waktu karena kesibukan pekerjaan bisa kok ada fasilitas jemput donasi, tentunya dengan menghubungi Kantor Cabang Perwakilan di kota Anda.

 Mengapa Kita Harus Peduli?

Terakhir, Pacol sahabaku mengapa kamu yang saya pilih untuk ikut kegiatan seperti ini, ya mengingat dulu kamu adalah salah satu dari sahabat terbaikku, dahulu engkau yang menemani ku mengayuh sepeda onthel melibas jarak 23 km dari kota Bantul ke SMK Negeri 2 Yogyakarta. Saya ingin kita tak hanya saja menjadi sahabat di dunia namun insyaalah menjadi sabahat juga di akherat kelak, aamiin dan kita dipertemukan kembali di sana di surganya Allah ta’ala aamiin ya robbal’alamiin. Sudah saat nya kita peduli dengan saudara mulsim kita yang kurang beruntung, masih susah untuk makan sehari-hari, masih kesulitan dalam menafkahi anak dan keluraganya sementara kita di sini diberikan harta cukup dan berlimpah, gak inginkan esok ketika di akherat ditanya sama Allah ta’ala, hartamu untuk apa saja? Begitulah kiranya, semoga Allah ta’ala selalu menyertai dan melindungi wahai sahabatku, Panca, salam kangen dari sahabatmu di Bantul, Dwi Pracaya aka Dipa DP.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak." (Qs. Al Hadid ayat 18)

Dalam sebuah hadist Qudsi:

"Barangsiapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya"

"Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (sodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai, dan tiap-tiap untai terdapat 100 biji dan Allah melipatgandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugerahNya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al Baqoroh ayat 261)

***
"Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Berawal Dari Zakat, #25thnMembentangKebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa cek info lomba di donasi.dompetdhuafa.org/lombablog"









2 komentar:

  1. gampang banget sekarang menunaikan zakat semenjak ada zakat online dompet dhuafa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro @Joe alhamdulillah teknologi yang sangat membantu, simpel, mudah gampang :)

      Hapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html