Selasa, 05 Juni 2018

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren

Dwipracaya.com | Helo sobat dwipracaya.com di manapun berada, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan kebahagiaan pada pagi, siang dan malam hari ini. Namun, bagi saya adalah nikmat dan karunia luar biasa karena hingga hari ke-20 Bulan Ramadhan ini masih diberikan nafas untuk hidup, itu adalah nikmat yang sangat tidak terkira. Bagaimana tidak, kita hidup dengan mengambil nafas secara gratis, coba kalau disuruh membayar untuk bernafas ini, tentu sangat mahal bukan, eh gak percaya, coba datang ke rumah sakit dan perhatikan pasien yang dibantu dengan alat bantu pernapasan, tentunya itu tidak sedikit biayanya kan?

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Siap, gak siap ya harus siap?

Well, pada pagi hari ini saya ingin menyampaikan selamat hari jadi untuk Komunitas Warung Blogger yang ke-7, semoga semakin 'hangat dalam menyediakan ‘camilan dan ‘obrolan bagi kami para pelanggan warungmu. Semoga Warung Blogger selalu 'renyah dan 'ramah dalam melayani para peanggan yang kadang datang dan pergi tanpa permisi ini. Sukses selalu untuk Warung Blogger ya, eh angka 7 sama seperti nomor punggung salah satu pemain sepakbola Real Madrid, CR. Ronaldo idola saya, Hahaha

Awal mula mengenal komunitas ini adalah lebih kurang 1 tahun yang lalu, jujur saya memang senang dengan dunia tulis menulis sejak tahun 2009. Namun, tulisan dahulu hanyalah sebuah curhatan manusia pada umumnya, ketika galau segera tulis dan curhat di blog. Kadang juga heran juga sih ketika sekarang ini iseng-iseng lihat daftar postingan di web personal saya, dalam hati saya bilang. 

"Kok bisa ya saya nulis se 'galau dan se’cemen ini? 

Haha, namun setelah tahun 2017 saya memutuskan untuk serius dalam menekuni hobi yang awalnya sebagai pelarian saja. Di website personal awal saya bilang bahwa saya sempat 'galau dengan apa ya hobi yang cocok untuk saya? Pernah mengalaminya sob?

Main sepak bola gak jago, main futsal juga tak terlalu ahli, main badminton apalagi, main bolavoli postur tidak mendukung, mau renang eh hanya paham gaya batu saja. Terus hobi apa ya sekiranya cocok untuk saya dan bisa menghasilkan uang? Begitulah pertanyaan yang sering muncul dalam benakku.

Akhirnya tiba-tiba saya memutuskan saja, mengapa tidak menulis saja. Pan enak kalau cuma menulis saja, dari kecil sudah diajarkan cara menulis, menulis surat ijin gak sekolah, setiap hari juga menulis di aplikasi Whatsapp dan di caption Instagram, ingin mencari dana proposal masjid juga membuat tulisan. Berarti menulis itu mudah, nah singkat cerita akhirnya saya mulai serius menulis di portal dwipracaya.com, dengan tagline menyapa lewat kata." 

Memang betul saya ingin menyapa saudaraku di seluruh dunia dengan tulisan kalimat yang tersusun dari beberapa kata? Sepeti itulah kiranya intermezo dari saya, oke?

***

Apa itu Blog?

Blog adalah web log, tulisan serupa jurnal/ buku harian yang ditampilkan dalam sebuah web. Ciri khasnya adalah tulisan tersusun secara kronologis, dengan tulisan terbaru ada pada bagian paling awal / atas. (BloggerdanHacker.wordpress.com)

Blogger atau Bloger?

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Via Ngegosip.com
Dua kata tersebut sering dipertanyakan oleh para penulis blogger, intinya pengertian di atas adalah orang yang menulis blog begitulah simpelnya. Namun menurut saya sama saja itu mau ditulis Blogger atau Bloger. Karena itu hanyaah tentang sebuah kebiasaan dan kemantaban saja, ada yang sering main sosial media Facebook, maka disebut Facebook-er, sering main Instagram, maka disebut juga ‘Instagramer, seperti itulah. Namun kembali lagi hal ini adalah tentang kemantaban dan kebiasaan saja dalam menyebutkan kata tersebut, kalau saya lebih mantab yang Blogger, biar kalau huruf 'G nya hilang satu masih ada cadangan, gitu?

Blogger keren itu yang seperti apa?

Nah, menarik sekali sobat dwipracaya.com jika ada pertanyaan tentang blogger keren itu yang seperti apa? Atau yang penampilannya rocker, garang atau yang cuma kalem, sering memakai baju flannel memakai kaca mata dengan sering menenteng sebuah kamera digital dan DSLR? 

Seorang gadis cantik yang memakai rok mini dengan selalu menatap layar smartphone, senyam-senyum sendiri dan gak jelas seperti itu. Atau seorang muslimah yang memakai pakaian muslim yang terlihat anggun dengan kerudung besarnya dan sering menundukkan pandangannya ketika melewati kerumunan orang?

Well, blogger keren menurut saya akan dicantumkan di bawah ini. Ada 7 (tujuh) kriteria menjadi blogger keren dari urutan paling 'bontot alias paling bawah adalah, check this out, Guys!

7. Yang Menambah Pemasukan

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Keuntungan via Pixabay.com
Seorang yang mengaku blogger bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan hobinya ini. Kadang secara tiba-tiba ada orang atau agen travel yang menghubungi lewat kontak atau email pribadi kita, ingin melakukan kerjasama dengan memasang iklan di website kita. Agen travel misalnya, tertarik dengan gaya bahasa kita, cara menyampaikan kalimatnya di website yang kita kelola. 

Sekarang beriklan di media cetak masih ada penggemarnya namun sudah berubah kebiasaannya. Sekarang orang lebih sering membaca berita di koran atau di smartphone? Untuk nominal cukup besar pernah saya dikontak sama agen travel wisata, untuk satu artikel saja kala itu dihargai Rp150.000,00. Waw, nominal uang itu bisa cukup untuk makan 15 kali dengan menu 'sego kucing dan es teh di angkringan Jogja? Itu kalau hanya satu artikel sob, lha kalau satu bulan saja ada pesanan artikel 10 misalnya. Hitung sendiri ya, tambahan pemasukan kamu?

6. Yang Tidak Plagiat

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Via Pixabay.com
Memang benar, sekarang banyak kasus ingin tenar secara instan dalam mengenalkan blog kita, namun jeleknya adalah sering mencuri atau plagiat karya tulisan orang lain dan parahnya mengaku bahwa itu adalah tulisannya. Parah bener kalau menurutku, plagiat itu adalah pencuri, gitu simpelnya. Mencuri karya orang lain dan mencaplok karya itu untuk kepentingan dan keuntungan pribadi adalah GAK BOLEH! Tahun lalu ada berita viral seorang wanita pelajar SMK yang tulisannya sangat berwibawa, berbobot dan akademis. 

Kalau sekilas membaca tulisannya, pasti orang akan terkagum-kagum akan pemikiran seorang pelajar itu. Terlihat cerdas dan kritis, bahkan sempat diundang di istana negara oleh bapak Presiden Jokowi, eh ternyata setelah diselidiki itu semua bukan hasil pemikirannya, postingannya adalah sebuah plagiat? Alias mencuri tulisan orang lain tanpa minta ijin dan digunakan untuk kepentingan pribadi (tepok jidat).

Boleh mencopy paste atau mengutip tulisan orang lain namun tidak lupa untuk mencantumkan sumbernya, begitulah kode etik dalam sebuah dunia tulis-menulis dan dunia jurnalistik

5. Yang Konsisten

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Konsisten dalam grafik Via Pixabay.com
Membuat blog itu sangat mudah, tinggal cari di mesin search engine 'Google dan ketikan: 'cara membuat blog, dah banyak sekali caranya dijelaskan secara terperinci. Semua orang saya yakin bisa? Namun hal yang cukup sulit adalah memelihara blog. Memelihara blog adalah tentang dengan konsisten menulis, rajin mengedit tema yang sesuai, mempercantik blog biar tampil kece serta konsisten menuangkan idenya lewat tulisan yang dibuat. Ingat konsisten itu bukan hanya dilihat dari banyaknya postingan, kalau itu saya sering bilang hanya bonus. Konsisten adalah kegiatan yang dilakukan terus menerus dan tidak berhenti. Misalnya: ada seorang blogger karena penuh semangat di awal menulis sebulan mencapai 15 (lima belas) postingan, Makjleb!

Namun selang beberapa bulan berikutnya postingan kosong, kosong lagi hingga bulan berikutnya, dan terakhir adalah ada kabar pamit berhenti dari dunia blogging. Tanpa mengupdate dan menulis artikel dalam blog tersebut. Bisa saja misalnya kurun waktu sebulan postingan minimal 2-5 artikel, tak apa yang penting setiap bulan ada tulisan yang dipublish, kasihan para pembaca yang sudah menunggu karya kita sob, jika tidak diupdate blog kita.

4. Yang Tidak Bisa Dibeli

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Via Kompasiana.

Menarik sekali, pernah saya dihubungi orang, kebetulan beliau punya wewenang penting dalam suatu komunitas dalam bidang pariwisata di Jogjakarta. Intinya adalah beliau mem'warning saya agar tidak vokal dalam mengkritikritisi pemerintah dan tentang agama. Jadi saya diminta fokus saja memposting tentang pariwisata thok.

Saya jawab saja seperti ini:

 "Saya, iya kalau saya disuruh untuk tidak melakukan kritisi pemerintah misalnya lagi, saya justru akan mengundurkan diri dan tidak akan aktif lagi dalam komunitas itu."

 Karena bagi saya adalah tugas saya sebagai blogger adalah mengkritisi pemerintah ketika memang tidak berbuat tindakan tidak benar, kalau ada orang yang salah saya bantu dan saya berikan kritikan agar kesalahannya tidak terulang lagi, bukan malah bersembunyi dan mengiyakan segala kesalahannya.

Ini adalah langkah perjuangan saya dalam menyuarakan kebenaran, saya adil jika memang pemerintah sudah berbuat bagus dan benar, pasti saya bilang bagus dan kalau memang kinerja pemerintah tidak bagus saya akan bilang tidak bagus, namun tentunya menulis tetap dalam bahasa yang etis dengan menjunjung tinggi norma kesopanan, tidak boleh menghujat dan mencaci-maki , jujur saya tidak suka. 

Menjadi seorang blogger itu ada bebas, tak ada yang bisa mengekangnya ~Dipa

Soal untuk menyuarakan agama itu adalah salah satu perjuangan saya dalam agama saya, saya Islam dan saya akan menyuarakan tentang agama Islam yang 'rahmatan lil’alamiin agama yang membawa kedamaian untuk pemeluknya dan umat non muslim dan islam itu penuh ketentraman dan saya tak ingin ada oknum yang sangat jelas menyudutkan agama Islam dengan membuat berita 'hoax= bohong misalnya? Berita 'hoax itu tak bisa dicegah karena sudah saatnya di era saat ini, berita dengan mudah dikonsumsi dari sosial media. Sudah banyak orang menulis berita gak benar dari smatphonenya, namun ketika ada berita 'hoax langkah seorang penulis blogger adalah melawannya dengan menulis berita yang benar itu saja kok? 


3. Yang Tidak Menyebarkan Berita Hoax

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Via Pixabay.com
Musuh terbesar dunia jurnalistik diantaranya adalah berita 'hoax. Berita 'hoax adalah berita bohong yang sengaja dipubllikasikan untuk tujuan tertentu. Hoax itu adalah fitnah, fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan. So, ketika menjadi seorang blogger harus menghindari banget membuat berita 'hoax, cek tentang kebeanarannya dengan mencari berbagai sumber referensi terpercaya, cek secara teliti, dan kalau memandang peristiwa itu dari subjektif dan objektif, harus ada alasannya yang kuat dari sebuah peristiwa, didukung dengan data yang valid. 

Baru langkah selanjutnya adalah membuat tulisan tentang itu semua berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dan kalau memang ketika ke depan ada tulisan kita yang pernah dituliskan dan ternyata adalah berita 'hoax, segera kita lakukan pengeditan dan kita refisi, jangan lupa untuk segera minta maaf atas tulisan itu, yang misalnya karena sebuah kelalaian dan ketidaktahuan informasi kita. 

Ingat ya tulisan 'hoax atau berita bohong itu kelak di akherat sana akan memberatkan timbangan amal buruk kita loh? Mau kalian masuk neraka karena menyebarkan berita hoax? Kalau saya, ogah dah!

2. Yang Mengajak Berbuat Kebaikan

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Via Pixabay.com
Nah ini yang saya suka dari dunia tulis-menulis. Kalau ada seorang dai dan seorang pendakwah yang memberikan ilmu dan berbuat kebaikan menyampaikan tausyiah di masjid pengajian. Semua orang yang tidak tahu menjadi tahu dan segera berbuat baik seperti yang dicontohkan oleh ustad atau pendakwah tersebut. 

Nah lain lagi bagi para blogger ini, kita bisa saja berjalan beriringan degan para ustad dan pendakwah tetap satu jalan tentunya dengan dunia blogger ini. Caranya adalah kita memposting tentang ajakan berbuat kebaikan kepada sesama umat manusia tanpa memandang agama, suku dan ras. Ajak untuk saling senyum dan sapa ketika berada di jalan, kita buat tulisan yang bermanfat dan saling menghormati kepada seluruh warga masyarakat seperti itu. Menariknya adalah ketika menulis tentang ajakan kebaikan dan kita misalnya meninggal dunia, suatu saat tulisan anjuran kebaikan ini akan terus ada dan dibaca orang lain serta orang lain itu melakukan seperti yang kita tuliskan. 

Nah inilah kelak yang akan menjadi pemberat amal timbangan kita kelak di akherat. keren kan ketika kita sudah meninggal eh kita dapat transferan pahala dari orang yang melakukan kebaikan berasal dari tulisan kita, Masyallah josss gandos!

1. Yang Membuat Orang Lain Lebih Pandai

7 Kriteria Agar Menjadi Blogger Keren
Via Pixabay.com
Yes di posisi teratas blogger keren versi dwipracaya.com adalah yang memuat orang lain lebih pandai daripada penulisnya. Betulkan, ingat tujuan dari menulis itu apa?Tujuan saya menulis adalah agar pembaca blog saya jadi mengetahui informasi yang saya tulis, bahkan syukur alhamdulillah malah lebih pandai dan melampauinya. Saya ingin jika ilmu yang sedikit ini bisa saya tularkan kepada manusia seluruh dunia. Ingin ilmu saya agar bisa bermanfaat. Syukur-syukur ya disebarkan dan diviralkan ke semua media sosial, agar ilmu kita jadi berkah dan barokah. Gak pengin kan punya ilmu banyak namun, warga masyarakat tidak merasakan dampak positifnya sama sekali.

Misalnya: suatu ketika saya hanya menulis tentang ilmu menulis cara membuat blog, Namun karena pembaca adalah orang yang kreatif dan bisa mengembangkan potensi dirinya dengan jago desain. ahli dalam memadukan warna sehingga desainnya ada karakter dan menarik.

Berawal dari sebuah postingan blog sederhana ini pembaca ini bisa membuat website keren bahkan bisa membuat perusahaan internet marketing dari sebuah inspirasi blog sederhana ini. Luar biasa kan, untuk level ini adalah sudah bukan hanya keuntungan pribadi saja bagi penulis, namun dibalik. Bagaimana blog nya bisa membantu banyak orang, bisa membantu membuat lebih pintar orang lain, dan bisa membuat orang lain dapat solusi ketika mendapatkan kesulitan, kepuasaan inilah yang sangat luar bisa. Kepuasan bukan hanya dilihat dari materi saja, itulah prinsip saya.

Betapa senangnya orang yang bisa membuat inspirasi orang lain, seorang guru tak merasa direndahkan jika muridnya lebih pintar, justru akan bangga sekali jika muridnya itu bisa melampauinya ~Dipa

So tentunya jika melampaui ilmu gurunya adalah tetap bersikap rendah hati dan terus berbuat sopan kepada sesama manusia, belajar dari ilmu pohon padi di sawah, makin berisi semakin menunduk. Semakin ahli dan memiliki banyak ilmu dalam menulis sudah sepatutnya untuk tetap menunduk dan tetap bersikap rendah hati.

Semoga bermanfaat tulisan saya dan sukses selalu untuk Warung Blogger, sukses dunia dan sukses akherat dong! Semangat dan terus mengispirasi yak!

http://www.warungblogger.org/2018/05/kompetisi-blog-menu7uh-warung-blogger.html
Kompetisi Blog Warung Blogger

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!"

16 komentar:

  1. Membuat orang lebih pandai kadang punya efek samping lho, yaitu kita jadi ikutan pandai (minimal dapet reminder sendiri lah).

    Pernah ngalamin yang kaya gini nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, iya bener banget @Prima Chandra, punya efek samping, kiri, dan kanan berarti? :)

      Hapus
  2. Aku pun pernah mengalami krisis hobi. Dan sekarang senang akhirnya bisa menemukan hobi yang selama ini tersembunyi dengan adanya blog.
    Konsisten menulis itu berat ya. Aku terkena makjleb-nya ini. Kadang seminggu bisa full, minggu berikutnya karena berbagai alasan hanya 1 tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kalau udah ketemu. Ya ditarget pribadi sebulan harus mewajibkan posting berapa artikel gitu, happy blogging :) @Dian

      Hapus
  3. Keceee iki mas.. :)
    aaah...tulian ne mas dipa, marai ak pengen ngeblog :(, tapi sayang e ak ra isoh konsisten. hihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu lagi lah @utha, serius bisa bikin ketagihan lo? Bisa wes bisa...

      Hapus
  4. Josh, keren mas. Yuk, jadi blogger keren dengan 7 kriteria tersebut. Semangaaaat!

    BalasHapus
  5. Matursuwun @Adipradana sip, :D semangat juga yak #happyblogging

    BalasHapus
  6. yo bener banget mas, setidaknya dari ngeblog kita bisa menyebarkan kebaikan buat yang baca. Dan yang paling penting adalah bermanfaat untuk semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip like this, kalimat terakhir, semoga kita termasuk di dalamnya, cayoooo :)

      Hapus
  7. Saya masih kurang konsisten nih tapi sebagai blogger :( Masih mood2an lah. Btw, 7 kriteria ini juga bisa dipake buat jadi patokan dan penyemangat waktu lagi bikin konten blog haha :D

    Oiya, salam kenal ya! Ditunggu postingan berikutnya, jangan lupa mampir balik hehehe..

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
  8. Sama sama, lam kenal dari saya, siap langsung action do it soon dude :)

    BalasHapus
  9. Makasih mas artikelnya..buat motivasi sy yg baru belajar ngeblog..Smg sy bs konsisten..aamiin

    BalasHapus
  10. Sip sama sama, saling support aja gaspollllll :v

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html